Ini Pekerjaan Paling Dibutuhkan Startup RI & Gajinya

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
05 October 2019 13:45
Jakarta, CNBC Indonesia - Pesatnya perkembangan ekonomi digital membuka peluang-peluang lapangan pekerjaan, dan jenis pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada.

Bahkan berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kebutuhan tenaga kerja untuk sektor digital sekitar 600 ribu orang per tahun dan masih belum bisa dipenuhi. Tingginya kebutuhan karena banyak perusahaan teknologi yang lahir beberapa tahun belakangan.


Lalu jenis pekerjaan apa saja yang paling dicari oleh startup di Indonesia? Softaware Enigeer Gojek Giri Kuncoro mengatakan yang paling dibutuhkan di sektor digital adalah engineering secara luas.


Giri menyebutkan sektor ini membutuhkan tenaga ahli yang terlibat dalam pengembangan produk. Misalnya saja engineer, data scientist, product manager, product designer, dan researcher.

Meski berkembang pesat, ekonomi digital masih sangat muda dan kurikulum yang ada saat ini masih belum cukup mumpuni untuk mencetak SDM sesuai kebutuhan industri digital.

Ini Pekerjaan Paling Dibutuhkan Startup RI & GajinyaFoto: Infografis/Perusahaan Impian/Arie Pratama

Bahkan pemerintah memproyeksikan pada 2030 dengan pesatnya perkembangan ekonomi digital, tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 17 juta orang.

Sebelumnya berdasarkan laporan terbaru dari Temasek, Google dan Bain Company bertajuke-Conomy SEA 2019 menyebutkan bahwa Indonesia dan Vietnam merupakan dua negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di Indonesia.

Laporan tersebut menyatakan Ekonomi digital Indonesia akan memiliki nilai US$ 40 miliar atau setara Rp 560 triliun (asumsi kur Rp 14.000). Ekonomi digital Indonesia telah tumbuh empat kali lipat sejak 2015. Rata-rata pertumbuhannya mencapai 49% per tahun.

"Sebagai ekonomi internet tercepat dan paling cepat berkembang di kawasan, Indonesia berada dijalur yang tepat untuk menembus [nilai ekonomi digital] US$130 miliar tahun 2025," tulis Temasek, Google dan Bain Company dalam laporannya seperti dikutip Kamis (3/10/2019).


Lanjut ke halaman 2 >>>



Gaji di Startup
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading