Lion Air Cek Data KTP sampai Paspor Penumpang yang Bocor

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 September 2019 12:14
Data penumpang dari dua maskapai yang dikelola Lion Air dilaporkan bocor di sebuah forum online.
Jakarta, CNBC Indonesia - Data penumpang dari dua maskapai yang dikelola Lion Air dilaporkan bocor di sebuah forum online. Pihak Lion Air menyatakan belum bisa memberikan tanggapan soal kebenaran informasi tersebut.

"Kami masih melakukan cek," ujar Corporate Communication Strategic of Lion Air Group Danang Mandala melalui layanan berbagi pesan WhatsApp, Rabu (18/9/2019).


Sebelumnya, sebuah blog teknologi BleepingComputer melaporkan adanya kebocoran data milik dua maskapai yang dikelola Lion Air. Data tersebut bocor di sebuah forum online dalam sebulan terakhir.


Data yang bocor berada dari dua database, pertama berisi 21 juta dan lainnya berisi 14 juta. Data ini tersimpan dalam file backup yang dibuat Mei 2019 untuk Malindo Air dan Thai Lion Air.

Data tersebut tersimpan dalam sebuah penyimpanan virtual Amazon Web Service yang dibuka lewat web. Data yang bocor berupa KTP, data reservasi, alamat, nomor telepon, email, nama, tanggal lahir, nomor paspor dan tanggal kadaluarsa paspor.

Dalam blog tersebut disebutkan tidak jelas kapan data pertama kali diakses, namun tautan ke AWS terbuka sejak 10 Agustus 2019.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading