Hal Penting yang Terlupa di Acara Peluncuran iPhone 11 Pro

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
13 September 2019 10:30
Hal Penting yang Terlupa di Acara Peluncuran iPhone 11 Pro Foto: Presentasi iPhone 11 dalam Acara Apple Event di California (10/09/19) (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNBC IndonesiaApple telah memperkenalkan tiga iPhone anyar kepada publik. Yakni, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Ketiga iPhone ini mengikuti langkah dari produsen iPhone lainnya dengan memberikan kamera belakang lebih dari dua kamera.

Namun ada teknologi yang tak diumumkan oleh Apple dalam acara tersebut. Teknologi tersebut adalah 5G. Teknologi yang menjanjikan koneksi internet yang lebih yang mendukung cara hidup baru.


Apple memilih untuk menunda pengggunaan teknologi ini paling tidak hingga 2020 dan memberikan kesempatan kepada rivalnya seperti Samsung dan Huawei untuk menguasai pasar ini.


Namun, ini bukan pertama kalinya Apple terbelakang dalam hal menyuntikkan teknologi lagi terbaru pada perangkat.

Hal Penting yang Terlupa di Acara Peluncuran iPhone 11 ProFoto: iPhone 11 (Reuters)

"Memang ada sekelompok pengguna yang menunggu 5G dan ingin membuktikan perangkat mereka di masa depan," ujar analis Senior Canalys Ben Stanton, seperti dikutip dari CNNInternational, Jumat (13/9/2019).

"Tapi ini tidak akan berlaku untuk semua orang. Pasar massal belum tahu apa gunanya 5G, jadi bagi banyak orang ketiadaan 5G pada iPhone terbaru mungkin tidak menjadi masalah."


Teknologi 5G memang sudah diperkenalkan namun persiapan dan pembangunan infrastruktur masih berjalan. Bahkan masih banyak negara-negara yang belum mengadopsi teknologi 5G.

Alasan kenapa Apple tidak menanamkan 5G di iPhone 11 mungkin bisa terjawab dari wawancara CEO Apple Tim Cook di 2014 silam.


"Tujuan kami tidak pernah menjadi yang pertama. [Tetapi] itu harus menjadi yang terbaik." terangnya ketika itu.

Hal Penting yang Terlupa di Acara Peluncuran iPhone 11 ProFoto: Infografis/ Ini Spesifikasi dan harga Trio iPhone 11 setelah diluncurkan/Aristya Rahadian Krisabella


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading