Paket Internet Rumah PLN vs FirstMedia Cs, Mana Paling Murah?

Tech - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
30 August 2019 06:37
Paket Internet Rumah PLN vs FirstMedia Cs, Mana Paling Murah?
Jakarta, CNBC Indonesia - Tawaran paket internet rumahan murah dari PLN, semakin menyemarakkan pilihan bagi pelanggan internet berbasis serta optik (fiber optic) terutama untuk kelas di bawah Rp 400.000 per bulan.

Berdasarkan penelusuran Tim Riset CNBC Indonesia hari ini (29/8/19) dari situs masing-masing produk, harga paket Stroomnet 50 yang dimiliki anak usaha PT Perusahaan Listrik Negara yaitu Icon+ dipatok Rp 308.000 per bulan di kawasan Jabodetabek. Posisi harga itu menjadi layanan kedua terendah sekurangnya di antara total 10 merek serupa.

Daftar harga tersebut dibuat berdasarkan kuota tidak terbatas ditambah fasilitas kecepatan hingga sekitar 50 mega bita per detik (Mbps) dan tanpa promosi serta tanpa memfaktorkan biaya pasang, dan tergantung dari ketersediaan layanan yang sudah ada di lingkungan tempat tinggal.


Daftar harga tersebut dikumpulkan dari beberapa situs resmi masing-masing produk yang tidak menjelaskan pembagian harga per daerah, dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari keputusan pemberi layanan.

Di bawah harga Stroomnet hanya ada Biznet Home Internet dengan paket 1A yang dibanderol Rp 300.000 per bulan. Sekelas dengan Stroomnet yang berada di rentang Rp 300.000 per bulan-Rp 400.000 per bulan atau rentang tarif rendah, keduanya di atasnya ada layanan XL Home Premium, Oxygen.id Home Fast 50, MyRepublic Home Fast 50, dan CBN Fiber 50.

Situs XL Home yang dimiliki PT XL Axiata Tbk (EXCL) menunjukkan produk XL Home Premium memiliki kuota tidak terbatas (unlimited) yang berarti berlaku batas pemakaian wajar (FUP) 160GB di jaringan 3G/4G. Namun, informasi di situs itu tidak menunjukkan kecepatan dan hanya menunjukkan kuota internet 60 GB yang ditambah layanan Youtube-iFlix 40 GB.

Berikutnya, ada dua penyedia layanan dengan harga di rentang Rp 400.000 per bulan-Rp 500.000 per bulan atau di kelas menengah, yaitu First Media Elite X1 4K dan Indosat Ooredoo GIG 50.

Di atasnya terdapat Indihome Single Play dengan kecepatan 40 Mbps dan MNC Play Media High Speed Internet yang menjadi dua layanan internet bertarif paling tinggi yaitu masing-masing Rp 610.000 per bulan dan Rp 720.000 per bulan.

Mau pilih yang mana? Tentunya sangat tergantung dengan kebutuhan dan kecocokan Anda dengan masing-masingnya.

 


TIM RISET CNBC INDONESIA



(irv/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading