Inspiratif, Kisah 7 Anak Milenial yang Sukses Bangun Startup

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 August 2019 11:06
Kisah para anak muda asal Indonesia yang sukses bangun startup bernilai miliaran rupiah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak munculnya Revolusi Industri 4.0 yang ditandai oleh perubahan besar-besaran di berbagai bidang lewat perpaduan teknologi, banyak anak muda, terutama generasi milenial dan generasi Z berbondong-bondong membangun startup.

CNBC Indonesia merangkum 7 anak muda pendiri startup yang sukses dalam bidangnya masing-masing.

Achmad Zaky (Founder dan CEO Bukalapak)


Sebelum mendirikan Bukalapak, Zaky sudah mengenal dunia teknologi sejak sekolah dasar. Ketika mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Solo, kelahiran 24 Agustus 1986 ini mendapat kesempatan untuk mewakili sekolahnya di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer dan menang hingga tingkat nasional.

Pada 2004, suami dari Diajeng Lestari (founder Hijup.com) yang melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung sempat mendapat IPK 4.00 di tahun pertama, dan lulus dengan predikat cumlaude. Bapak dua anak ini juga meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat pada 2008 dan mewakili ITB dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

Bukalapak, perusahaan e-commerce Indonesia berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) ini sudah membuat harta kekayaan Zaky mencapai US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun. Ia bahkan menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya pada Juli 2016 yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Amanda Susanti (Co-Founder dan CEO Sayurbox)

Amanda Susanti yang merupakan lulusan program Manajemen di University of Manchester, Inggris memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan meluncurkan aplikasi Sayurbox, platform sumber dan distribusi untuk sayur dan buah segar langsung dari petani.

Alasan perempuan berusia 29 tahun ini membuat Sayurbox agar petani bisa menikmati harga lebih adil, juga pelanggan bisa menerima produk dengan kualitas terbaik. Sejauh ini Sayurbox sudah bermitra dengan 300 perkebunan, melayani lebih dari 50.000 pelanggan dan menghasilkan 1.000 pengiriman sehari.

Lewat Sayurbox, Amanda memenangkan kompetisi startup Seedstars Jakarta, dan telah menerima lebih US$2 juta dalam bentuk pendanaan. Ia juga masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2019, kategori Industri, Manufaktur & Energi.

Eugine dan Ferry
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading