Kenapa Facebook &YouTube Cs Luncurkan Aplikasi Versi Lite?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
14 August 2019 10:36
Kenapa Facebook &YouTube Cs Luncurkan Aplikasi Versi Lite? Foto: cover topik/whatsapp,Instagram, Facebook dalam/Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan teknologi kini gemar meluncurkan aplikasi versi lite. Aplikasi ini lebih sederhana dan lebih ringan dari platform yang sebelumnya.

Facebook, YouTube dan Twitter sudah meluncurkan versi lite. Terbaru adalah Spotify yang meluncurkan versi lite di 36 negara. Adapun Tinder sudah mengumumkan akan meluncurkan aplikasi versi lite dalam beberapa bulan ke depan.


Ternyata ini merupakan startegi perusahaan teknologi untuk bisa berkembang di pasar negara berkembang dan mengurangi konsumsi data.


"Penetrasi smartphone tumbuh dengan cepat di negara berkembang ... tetapi negara berkembang ada tantangan dalam konsumsi data yang terbatas dan konektivitas," ujar Jun Wen Woo, Senior Analis IHS Markit, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (14/8/2019).

"Perusahaan teknologi menawarkan aplikasi versi Lite untuk menambal masalah konsumsi data pengguna."

Direktur Senior dan Analis Gartner Andrian Lee punya analisa menarik lainnya. Menurutnya di negara berkembang ponsel terjual adalah segemen entry-level yang berarti ponsel tidak bisa mendownload banyak aplikasi agar ponsel bisa bekerja dengan mulus.

Aplikasi versi Lite tidak memakan RAM dalam jumlah besar dalam ponsel dan penggunaan data bisa lebih rendah tetapi dengan pengalaman pengguna (user experiance) yang sama dengan versi lengkap aplikasi.

Strategi ini tampaknya cukup sukses untuk menarik pengguna. Facebook versi Lite telah didownload sebanyak 650 juta kali di India, Asia Tenggara dan Amerika Selatan.

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading