Kebingungan JK: Startup Rugi Tapi Valuasi Terus Meroket

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
07 August 2019 12:38
Kebingungan JK: Startup Rugi Tapi Valuasi Terus Meroket
Jakarta, CNBC IndonesiaTeknologi memberi dampak yang besar pada kehidupan manusia. Bahkan teknologi juga ikut berperan dalam merubah cara berbisnis.

Hal inipun mendapat perhatian khusus dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebelum masuk pemerintahan JK sudah 30 tahun lebih menggeluti bisnis di bawah bendera Kalla Group.


JK mengatakan sekarang orang tidak berbicara soal keuntungan tetapi nilai atau valuasi perusahaan.


"Seperti Anda semua tahu bahwa orang enggak bicara lagi keuntungan tapi nilai. Rugi terus tetapi nilai naik terus. Terjadi perubahan teknologi luar biasa dan cara mengatur bisnis yang berbeda dengan mengatur perusahaan 30 tahun lalu," ujar JK dalam sebuah seminar di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Kebingungan JK: Startup Rugi Tapi Nilai Naik TerusFoto: infografis/ infografis sedot duit investor untuk di bakar 5 Startup Ini dinyatakan bangkrut/Aristya Rahadian Krisabella

Menurut JK perubahan ini tidak bisa dinafikan. Pasalnya, bila tidak diikuti akan terjadi kemunduran.

Belakangan memang muncul fenomena perusahaan startup teknologi di dunia. Perusahaan ini memiliki valuasi yang terus meningkat padahal bisnisnya terus merugi. Mereka mengeluarkan dana yang besar untuk promosi demi user experience (pengalaman konsumen).


Mereka berharap dengan semakin terbiasa masyarakat pada layanan di aplikasi menciptakan ketergantungan konsumen. Bila sudah tergantung dan menguasai pasar mereka akan merubah skema bisnis dari merugi menjadi untung.

Hal ini pernah dilakukan oleh Google, Facebook dan Amazon. Awalnya ketiga perusahaan mengalami rugi dalam jumlah besar selama bertahun-tahun. Namun kini ketiga perusahaan tersebut mencetak laba dalam jumlah besar pula.

Indonesia memiliki empat startup rugi tetapi valuasinya tinggi. Yakni, Gojek dengan valuasi US$10 miliar, Tokopedia US$7 miliar, Bukalapak US$1 miliar dan 

Simak video tentang JK di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading