Desainer iMac & iPhone Mundur, Saham Apple Anjlok 1%

Tech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
28 June 2019 07:38
Desainer iMac & iPhone Mundur, Saham Apple Anjlok 1%
Jakarta, CNBC Indonesia - Chief Design Officer Apple Jony Ive mengundurkan diri dari raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu, menurut pengumuman perusahaan, Kamis (27/6/2019).

Saham Apple anjlok 1% di perdagangan setelah penutupan pasar menyusul beredarnya kabar tersebut, dilansir dari CNBC International.



Ive dipandang sebagai salah satu orang penting di Apple yang bertanggung jawab atas desain industri dan look and feel semua produk-produk penting Apple, termasuk iPhone and Mac. Ia telah bekerja di Apple selama lebih dari 20 tahun.


Setelah mundur, ia akan membuka perusahaan desainnya sendiri bernama LoveFrom bersama rekan lamanya sesama desainer Marc Newson, menurut laporan Financial Times. Apple akan menjadi klien perusahaan itu, kata Apple.

"Meskipun saya tidak lagi menjadi karyawan, saya akan tetap terlibat untuk tahun-tahun ke depan, saya harap," kata Ive.

Desainer Mac & iPhone Mundur, Saham Apple Anjlok 1%Foto: Jony Ive (kanan) bersama CEO Apple Tim Cook. (Foto: REUTERS/Mason Trinca)

Dalam beberapa tahun terakhir, Ive telah mendedikasikan banyak waktunya untuk pembangunan Apple Park, markas perusahaan senilai US$5 miliar di Cupertino, California. Bulan lalu, Apple secara resmi membuka kantornya itu.

"Jony adalah sosok yang tiada duanya di dunia desain dan perannya di kebangkitan Apple tidak bisa dipandang biasa saja, sejak groundbreaking iMac hingga iPhone di 1998 dan ambisi Apple Park yang belum pernah ada sebelumnya yang membuatnya menguras banyak energi dan perhatiannya," kata CEO Apple Tim Cook dalam sebuah pernyataan.



Tidak ada pejabat yang menggantikan langsung posisi Ive. Namun, wakil presiden desain industri, Evans Hankey, dan Alan Dye, wakil presiden desain human interface, akan melaksanakan kewajiban desain tambahan, kata Apple. Kedua desainer itu akan melapor kepada Jeff Williams, chief operating officer Apple.

Sebelumnya, Ive melapor langsung kepada Cook. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading