Wah, Android Bikin Fitur Pesaing FaceID Milik Apple iPhone

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 June 2019 16:10
Wah, Android Bikin Fitur Pesaing FaceID Milik Apple iPhone
Jakarta, CNBC IndonesiaAndroid Q Beta 4 sudah diluncurkan kemarin, Rabu (5/6/2019). Salah satu fitur yang menarik dari Android generasi ke-10 ini adalah face authentication atau otentikasi wajah.

Ini adalah fitur keamanan di mana pengguna ponsel Android bisa membuka ponsel yang terkunci dengan mendekatkan wajah ke layar smartphone. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menyetujui sebuah transaksi di ponsel pintar.


Tampaknya fitur Face authentication merupakan aplikasi tandingan dari FaceID milik Apple. Dalam teknologi ini Google memang tertinggal. Pasalnya, Apple sudah meluncurkan layanan ini sementara Google baru berencana meluncurkan Android Q pada kuartal III-2019, seperti dikutip dari PhoneArena, Kamis (6/6/2019).


9to5Google melaporkan, untuk menggunakan fitur ini pengguna Android harus mendekatkan wajah ke layar smartphone dengan mata terbuka. Fungsi face authentication akan sama persis seperti pemindai sidik jari.

Mengutip detik.com, fitur lain yang akan tersedia di Android Q adalah Live Caption yang memungkinkan audio diterjemahkan ke dalam teks secara real-time. Teks tersebut lantas akan terpampang di depan video.

Selanjutnya, Android Q akan mendukung layar lipat dan teknologi 5G. Ada juga Dark Theme hingga Fokus Mode.

Wah, Ada Fitur Otentikasi Wajah di Android Q, Pesaing Face IDFoto: Face authentication (ist via phonearena.com)


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading