Kenapa Ada Tonjolan Kecil pada Huruf F dan J di Keyboardmu?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
20 May 2019 20:45
Kenapa Ada Tonjolan Kecil pada Huruf F dan J di Keyboardmu?
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak dari antara kita sudah cukup familiar dengan Personal Computer (PC) dan laptop. Kedua perangkat ini memang sudah menjadi alat untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Meski sering digunakan, tak banyak orang yang memberikan perhatian pada tonjolan kecil pada huruf F dan huruf J di semua keyboard PC dan Laptop. Padahal tonjolan kecil ini ada fungsinya, loh.


Mengutip Independent, tombol kecil ini didesain untuk membantu pengguna pengguna menemukan huruf yang benar tanpa melihat ke bawah. Tonjolan kecil ini membantu pengguna menempatkan tangan mereka pada posisi pengetikan yang optimal, seperti dilansir Senin (20/5/2019).


Jadi, pada pertengahan keyboard standard, berbaris huruf A,S,D,F,G,H,J,K,L. Huruf 'F' menjadi tempat meletakkan jari telunjuk tangan jari kiri kemudian diikuti jaring tengah pada huruf 'D', jari manis huruf 'S' dan jari kelingking huruf 'A'.

Kenapa Ada Tonjolan Kecil pada Huruf F dan J di Keyboardmu?Foto: Keyboard (CNBC Indonesia)


Posisi tangan kanan, huruf 'J' jari tempat meletakkan jari telunjuk, huruf 'K' untuk jari tengah, huruf 'L' untuk jari manis dan kelingking tanda ';'.

Dengan tonjolan ini pengguna akan merasakan apakah jari diletakkan di tempat yang tepat ketika mengetik tanpa melihat keyboard.

Oiya, metode ini disebut touch typer. Metode ini ditemukan oleh Frank Edward McGurrin pada 1888. Metode ini merupakan cara yang dianggap bisa meningkatkan kecepatan dan akurasi ketika mengetik.

Pada 2002, June E Botich asal Naples, Florida mematenkan versi modifikasi dari tuts 'F' dan 'J'. Sejak saat itu, panduan taktis ini telah menjadi standar di hampir semua keyboard komputer maupun laptop.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading