Mimpi Bos Facebook: Transfer Uang Semudah Kirim Foto

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 May 2019 15:09
CEO Facebook Mark Zuckerberg akan kembangkan pembayaran dan e-commerce.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Facebook Inc Mark Zuckerberg punya visi baru untuk aplikasi yang dimilikinya. Zuckerberg akan kembangkan pembayaran dan e-commerce.

"Ketika saya memikirkan semua cara orang berinteraksi secara pribadi, saya pikir pembayaran adalah salah satu area di mana kita memiliki kesempatan guna membuatnya lebih mudah," kata Mark Zuckerberg di konferensi pengembang perangkat lunak F8 tahunan Facebook, Kamis (2/5/2019).

Pada hajatan ini, Mark Zuckerberg mengumumkan beberapa fitur belanja baru di aplikasi keluarga Facebook untuk menggerakkan perusahaan ke sektor e-commerce dan pembayaran.


Jika berhasil, langkah ini tidak hanya akan meningkatkan bisnis iklan, mesin duit utama perusahaan, tetapi juga dapat menciptakan aliran pendapatan baru yang signifikan dalam segmen pembayaran.

Mimpi Zuckerberg: Transfer Uang Semudah Kirim FotoFoto: Infografis, Arie Pratama

Langkah ini juga akan membuat Facebook berhadapan langsung dengan perusahaan teknologi besar lainnya seperti Apple dengan Apple-Pay dan raksasa e-commerce seperti Amazon dan eBay.

Di F8 pada hari Selasa, Facebook mengumumkan tiga fitur belanja utama:
  • Di Instagram pengguna akan segera dapat membeli produk langsung dari influencer yang mempromosikan produk.
  • Di WhatsApp, akan dimungkinkan untuk mengunggah katalog produk.
  • Di aplikasi Facebook, perusahaan menambahkan dukungan untuk pengiriman sehingga penjual dapat mengirim produk ke pembeli di seluruh AS.
Awal tahun ini, perusahaan mengumumkan fitur Checkout di Instagram, dan perusahaan tersebut sedang mengerjakan teknologi blockchain yang menurut laporan dapat digunakan untuk mengirim dan pembayaran.

Fitur pembayaran WhatsApp sedang diujicobakan di India dan akan lebih banyak lagi negara yang bisa menggunakan pembayaran ini, ujar Zuckerberg.

"Saya percaya seharusnya mengirimkan uang ke seseorang semudah mengirim foto," ujarnya di F8.

Simak video tentang integrasi layanan pesan WhatsApp, Facebook Messenger, dan Instagram di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading