Ini Alasan Resmi Blackberry Messenger Tutup

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 April 2019 20:36
Ini Alasan Resmi Blackberry Messenger Tutup
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Elang Mahkota Technologi Tbk (EMTK) secara resmi mengumumkan penghentian operasi Blackberry Messenger (BBM). Aplikasi perpesanan yang sempat populer di tahun 2000-an ini akan setop beroperasi pada 31 Mei 2019.

Dalam keterangan resmi CWM, pengelola aplikasi BBM, alasan ditutupnya aplikasi BBM karena tidak mampu bersaing dengan layanan perpesanan besar yang sudah menguasai pasar.


"Instant messaging adalah pasar yang sangat fleksibel dan kompetitif. Sejak 2016 kami telah mencoba yang terbaik untuk bersaing di pasar ini dan meluncurkan banyak fitur dan konten baru yang kami harapkan akan menumbuhkan basis pengguna BBM," ujar CWM dalam situs resmi BBM, seperti dikutip Kamis (18/4/2019).


"Terlepas dari semua upaya kami, kami menemukan bahwa efek jaringan dari para pemimpin pasar semakin kuat dan kami telah keluar dari preferensi pengguna."

Ini Alasan Resmi Blackberry Mesengger TutupFoto: BBM Berhenti Beroperasi

Asal tahu saja, Pada 2016, Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Ltd) menandatangani perjanjian lisensi BBM konsumen dengan Blackberry Limited untuk mengoperasikan layanan pesan BBM Consumer Cross Platform. 99% saham CMW Pte Ltd dimiliki Media PT kreatif Media Karya (KMK).

Sayang platform perpesanan ini yang sempat populer di era tahun 2000-an ini tidak berkembang dengan baik. Terjadi penurunan pengguna aktif yang signifikan sejak Juni 2016. CWM Pte Ltd pun memutuskan menutup kantor di Kanada, Dubai dan Singapura pada akhir 2018. Operasional yang tetap akan ada hanya di Indonesia.

Induk dari KMK adalah PT Elang Mahkota Technologi tbk (EMTK). Saat ini EMTK merupakan perusahaan yang memiliki 3 divisi usaha utama yakni media, telekomunikasi, dan solusi TI, serta konektivitas.


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading