Apple-Qualcomm Rujuk, Intel Mundur dari Bisnis Ponsel 5G

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 April 2019 12:48
Apple-Qualcomm Rujuk, Intel Mundur dari Bisnis Ponsel 5G
Jakarta, CNBC IndonesiaIntel Corporation menyatakan akan keluar dari pasar smartphone 5G. Pernyataan ini dikeluarkan beberapa jam setelah Qualcomm dan Apple mengumumkan perjanjian kerja sama lisensi selama 6 tahun sebagi bagian dari penyelesaian sengketa royalti.

"Perusahaan akan terus memenuhi komitmen pelanggan untuk lini produk modem smartphone 4G yang ada, tetapi tidak berharap untuk meluncurkan produk modem 5G di smartphone, termasuk yang semula direncanakan meluncur pada 2020," kata Intel seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (17/4/2019).


Pada bulan Januari lalu, Intel menunjuk Robert Swan sebagai CEO tetap, mengakhiri spekulasi pengganti Brian Krzanich. Robert Swan punya tugas berat mengangkat performa perusahaan ketika penjualan personal computer (PC) anjlok.


Setelah keluar dari smartphone 5G, Intel akan fokus mengembangkan perangkat internet of things (IoT) atau perangkat yang terhubung dengan web.

Di pasar ponsel pintar, "telah menjadi terang bahwa tidak ada jalur yang jelas untuk mendapatkan keuntungan dan return positif," kata Robert Swan dalam pernyataan resmi perusahaan.

Intel mengatakan akan terus berinvestasi dalam bisnis infrastruktur jaringan 5G-nya. Qualcomm adalah pemasok independen dominan modem 5G, sementara Samsung dan Huawei membuat prosesor untuk perangkat mereka sendiri.

Simak video strategi Apple genjot cuan di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading