Bulan Depan MUI Putuskan Haram Tidaknya Game PUBG

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 March 2019 15:35
Bulan Depan MUI Putuskan Haram Tidaknya Game PUBG
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Sekretaris Jenderal (Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan MUI sedang mengkaji fatwa haram gim Player Unknown's Battlegrounds atau PUBG. Ia pun memastikan fatwa terkait gim tersebut akan dirilis segera.

Ditemui di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (25/3/2019), Amirsyah menjelaskan, saat ini MUI sedang meminta masukan dari berbagai pihak. Agar gim PUBG dapat dilihat dari sisi substantif.


Menurut dia, gim yang menghabiskan waktu, membuat pikiran orang yang menonton acara 'keracunan', ketergantungan, dan melalaikan tugas-tugas mahasiswa maupun pelajar, sesungguhnya lebih banyak mudharat.


"Apakah nanti fatwanya segera akan diterbitkan tergantung pada kajian akademik dan masukan dari bebagai pihak. Aspek kesehatan, psikologi, semua pihak kita mintai masukan," ujar Amirsyah.

"Ya tidak terlalu lama. Ya paling lama satu bulan. Bahkan lebih cepat lebih baik supaya orang tidak bingung, tidak ada keraguan, justru harus ada kepastian. Untuk kemaslahatan terutama anak-anak muda kita, mahasiswa-mahasiswa ini perlu diberi pencerahan," lanjutnya.

Saat dikonfirmasi apakah akan ada gim lain yang akan difatwakan haram, Amirsyah menjawab normatif. Dia mengatakan, gim pun ada yang positif dalam konteks edukasi (matematika dan ilmu pengetahuan).

"Tapi kalau yang kekerasan, pornografi, horor, jelas merusak pikiran-pikiran dari generasi muda kita. Bahkan tertanam sikap radikal teroris dalam diri mereka itu. Maka harus ditolak," kata Amirsyah.

Ketua MUI KH Muhyiddin Junaidi menjelaskan, secara umum dalam pandangan Islam, semua olahraga maupun sarana pengasan kecerdasan hukumnya boleh alias mubah. Kecuali sarana itu banyak mendatangkan mudharat.

"Itu hukum secara umum. Mudah-mudahan game-game yang merangsang jadi manusia cerdas boleh, tapi kalau yangg menjadikan manusia pembohong tambah bodoh itu gak boleh. Seperti itulah," ujar Muhyiddin.

Simak video tentang Ulama Malaysia yang ingin haramkan PUBG di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading