Gopay Buka-Bukaan Strategi Hadapi Persaingan dengan Bank

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
22 March 2019 19:00
Gopay Buka-Bukaan Strategi Hadapi Persaingan dengan Bank
Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis layanan jasa keuangan digital, Go-Pay, menarik perhatian perbankan. Pasalnya, Go-Pay dinilai mampu merangkul masyarakat yang belum terjangkau pihak bank (unbanked).

CEO Go-Pay Aldi Haryopratomo mengatakan pertumbuhan Go-jek dari layanan ride hailing kecil, menjadi platform pembayaran nomor satu, menjadi faktor utama yang menarik perhatian bank.

"Kerja sama dengan pihak bank juga menjadi faktor penting ketika memulai bisnis ride hailing. Cara Go-Pay bekerja sama dengan bank adalah dengan memposisikan diri sebagai jembatan bagi bank," kata Aldi dalam wawancara dengan CNBC Internasional, Jumat (22/03/2019).


Dengan menjadi jembatan bagi bank dan konsumen, dapat memperoleh keuntungan melalui dua cara. Pertama, dengan mengenakan biaya,  untuk akses agar dapat menjangkau orang yang tidak memiliki akses.

Kedua, membantu dalam pemasaran produk, sehingga pihak bank bisa menurunkan biaya akuisisi pelanggan. Aldi optimistis dua cara ini bisa memperbesar "kue", baik untuk bank maupun Go-Pay. Strategi ini mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di bidang pembayaran.

Meski pasar pembayaran digital masih di bawah 5%, Aldi optimistis bisa terus berkembang dibandingkan metode pembayaran yang lain. Yang menjadi tantangan adalah melepaskan masyarakat dari ketergantungan pembayaran tunai. Untuk itu, Go-Pay pun perlu memperkuat penawaran produk dan layanan jasa keuangan.

"Selain itu, semakin banyak pemain yang ada di pasar, maka semakin banyak mitra bisnis yang bisa diajak kerja sama," kata Aldi.

Aldi menegaskan layanan jasa keuangan Go-Pay berperanan penting untuk perkembangan bisnis Go-Jek. Apalagi, dengan saat ini Go-Pay masih menjadi pemimpin pasar di Indonesia untuk layanan keuangan yang serupa.

Untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar, bukan hanya tentang biaya dan margin, tetapi juga tentang memahami konsumen.

"Dalam layanan pembayaran, kami pun memimpin saat ini. Kami menyakini bahwa menjadi pemimpin pasar layanan pembayaran sangat penting, untuk masa depan sustainabilitas perusahaan," kata Aldi.

Dia menegaskan, menawarkan berbagai jenis layanan telah mendarah daging untuk Go-pay. Go-Jek pun terus mengembangkan use case untuk pengguna, mitra pengemudi dan merchant. Dengan begitu, Go-Jek bisa tetap menjadi pemimpin pasar.

Saksikan video Pertarungan Sengit OVO vs Gopay

[Gambas:Video CNBC]

(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading