Ponsel

Sasar Para Gamer, Sony Luncurkan Ponsel Berlayar 'Bioskop'

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
25 February 2019 19:38
Sasar Para Gamer, Sony Luncurkan Ponsel Berlayar 'Bioskop'
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan Jepang, Sony meluncurkan serangkaian smartphone baru pada Senin (25/2/2019) dengan layar super dan fitur berkualitas bioskop. Smartphone ini ditujukan kepada pembuat video dan penggemar film dan sebagai cara mendongkrak penjualan unit ponselnya yang sedang kesulitan.

Smartphone Sony Xperia seri 10, 10 Plus dan 1 hadir dengan layar rasio aspek 21: 9, yang menurut perusahaan akan memungkinkan pengguna untuk menonton video dalam format yang sama dengan bioskop. Sebagian besar smartphone dari perusahaan seperti Apple atau Samsung datang dengan rasio aspek 16:9 atau 18:9.

Perangkat dengan layar 21:9 memungkinkan Anda untuk menonton banyak film tanpa bilah hitam di samping, atas atau bawah. Namun, sebagian besar konten non-bioskop tidak akan tersedia dalam format.


Lineup Xperia baru terungkap Senin di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. Xperia 1 premium berukuran tinggi 6,5 inci, menjadikannya salah satu smartphone yang lebih tinggi di pasaran.

Sasar Para Gamer, Sony Luncurkan Ponsel Berlayar 'Bioskop'Foto: Peluncuran Sony Xperia1 (REUTERS/Rafael Marchante)

Fitur utama lain dari Xperia 1 meliputi:

Layar OLED 4R HDR, sistem kamera tiga lensa. harga mulai dari US$ 1.043, layar ultra-lebar adalah upaya terbaru Sony untuk memikat penonton yang mengonsumsi, memproduksi dan mengedit lebih banyak video di ponsel. Tahun lalu, firma riset e-Marketer memperkirakan 78% tontonan video di seluruh dunia ada di perangkat seluler.

Sony telah berjuang untuk bersaing dengan Apple dan Samsung di pasar smartphone premium, serta pemain China seperti Huawei, OnePlus dan Oppo. Counterpoint Research memperkirakan pangsa pasar Sony turun dari 0,9% dari total pengiriman smartphone pada 2017 menjadi 0,5% pada 2018.

"Sony telah terdegradasi ke pemain ceruk," kata Neil Shah, mitra dan direktur penelitian di Counterpoint, dalam email ke CNBC International.

Sony bukan perusahaan pertama yang menggunakan rasio ukuran layar untuk mencoba menawarkan video berkualitas lebih tinggi. Semakin banyak pembuat perangkat mengutak-atik ukuran layar dan resolusi untuk mencoba menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik.

Sony mengatakan bahwa selain film Sony Pictures, merek termasuk Netflix, Amazon Prime Video dan YouTube semakin menyediakan konten dalam 21:9. Raksasa teknologi Jepang ini juga mengatakan sedang bekerjasama dengan pembuat "Fortnite" dan perusahaan lain untuk menawarkan pengalaman video gim dalam format baru.

Saksikan video perbandingan Samsung Galaxy Fold vs Huawei Mate X di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading