Internasional

Dokumen Bocor, AS Pertimbangkan Bangun Jaringan 5G Sendiri?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 February 2019 16:07
Dokumen Bocor, AS Pertimbangkan Bangun Jaringan 5G Sendiri?
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah memo rahasia dari National Security Council bocor ke publik. Memo ini berisi tentang tentang alasan pemerintah Amerika Serikat (AS) harus mengambil alih pengembangan teknologi jaringan 5G secara nasional.

Dalam dokumen yang dipublikasikan Axios.com, pejabat keamanan nasional menyarankan pemerintah melakukan 'nasionalisasi' pengembangan jaringan 5G demi membendung China. AS membutuhkan jaringan 5G Nasional terpusat dalam waktu tiga tahun.

"Satu jaringan terpusat adalah apa yang diperlukan untuk melindungi Amerika terhadap China dan aktor-aktor jahat lainnya," ujar seorang pejabat pemerintah, Axios.com melaporkan, Selasa (12/2/2019).


Berdasarkan dokumen tersebut AS harus membangun teknologi nirkabel 5G super cepat dengan depat karena China telah mencapai posisi dominan dalam pembuatan dan pengoperasian infrastruktur jaringan. Dan "China adalah aktor jahat dominan dalam Domain Informasi."

Dokumen Bocor, AS Pertimbangkan Bangun Jaringan 5G Sendiri?Ilustrasi 5G (Foto: Eric Gaillard / Reuters)

"Cara terbaik untuk melakukan ini adalah pemerintah membangun jaringan itu sendiri. Kemudian akan menyewa akses ke operator seperti AT&T, Verizon dan T-Mobile."

Dokumen ini juga berpendapat jaringan 5G yang kuat diperlukan untuk menciptakan jalur yang aman untuk teknologi seperti mobil tanpa sopir dan virtual reality. Jaringan 5G terpusat ini akan menjadi penantang dari inisiatif One Belt One Road Initiative China yang dibuat untuk menyebarkan pengaruhnya di dunia.

Dokumen tersebut juga mengkhawatirkan dominasi Tiongkok atas Kecerdasan Buatan, di mana China diperkirakan secara perlahan sudah memenangkan "pertempuran AI" dan "tidak membangun jaringan bisa menempatkan AS dalam kerugian permanen dalam domain informasi".


Saksikan video mengenai CEO Telkomsel yang membahas teknologi 5G berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading