Banyak Hoaks, Facebook Janji Bakal Hapus Akun Palsu

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
22 January 2019 16:48
Hoaks yang semakin mewabah memaksa Facebook bekerja keras.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hoaks yang semakin mewabah memaksa Facebook bekerja keras. Dikutip dari Siaran Pers bertajuk Press Circle: Election Integrity 'Pemuda Memilih' di Jakarta, Senin (21/1/2019), Facebook berjanji akan menghapus akun palsu.

"Akun palsu dapat menjadi sumber utama konten yang salah makna dan berbahaya, dan kami berupaya menghapus konten tersebut dari platform kami," tulis Facebook seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (22/1/2019).




Enam langkah yang diambil Facebook untuk mengurangi hoaks, yaitu memblokir jutaan akun palsu setiap hari, membangun dan mengupdate sistem agar dapat merespon lebih cepat, dan melaporkan penyalahgunaan.

Kemudian mendeteksi dan menghapus spam, mengidentifikasi dan menghapus akun palsu, dan mencegah akun dari penyusupan.

"Kami melakukan penyempurnaan terkini untuk mengenali akun yang otentik lebih mudah dengan mengidentifikasi pola aktivitas tanpa melakukan penilaian konten dari akun tersebut," tulis Facebook.
Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Sebagai contoh, sistem Facebook dapat mendeteksi konten yang di-post berulang kali, atau kejanggalan dalam jumlah pembuatan konten.

Pada kuartal pertama 2019, Facebook telah menghapus sekitar 753,7 juta akun palsu secara global. Di mana 97% di antaranya telah terdeteksi sebelum dilaporkan oleh pengguna.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading