e-Commerce

Disuntik Alibaba & SoftBank, Valuasi Tokopedia Jadi Rp 102 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 December 2018 13:13
Disuntik Alibaba & SoftBank, Valuasi Tokopedia Jadi Rp 102 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Tokopedia, toko online dengan pengunjung terbesar di Indonesia baru saja mengumumkan suntikan dana sebesar US$1,1 miliar atau setara Rp 15,95 triliun (asumsi kurs US$1 = Rp 14.500).


Suntikan dana segar ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group. Investor eksisting lainnya juga turun urunan dalam penggalangan dana tersebut.

"Tokopedia akan terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia. Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur yang akan memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan," tulis Tokopedia dalam publikasi tersebut.


Dengan masuknya dana segar ini, Tokopedia menjadi salah satu startup e-commerce yang paling dilirik investor asing. Selama sembilan bulan beroperasi, Tokopedia sudah berhasil mengumpulkan dana investor sebesar US$3,4 miliar setara Rp 49,3 triliun.

Mengutip Techcruch, setelah suntikan dana tersebut valuasi Tokopedia naik menjadi US$7 miliar (Rp 101,5 triliun). Sebelum putaran dana terakhir, valuasi Tokopedia sudah mencapai US$6 miliar. Tokopedia sudah 10 kali melakukan penggalangan dana.

Tokopedia memiliki posisi unik di pasar Asia Tenggara. Pasalnya, Tokopedia termasuk empat besar e-commerce yang paling banyak dikunjungi setiap bulan. Namun, Tokopedia belum berekspansi ke luar negeri. Tokopedia fokus menggarap pasar Indonesia saja.

Mengutip iprice, situs pembanding dan riset, rata-rata pengunjung situs Tokopedia mencapai 153,63 juta pengunjung setiap bulan.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading