Saingi Youtube, Instagram Akan Tambah Durasi Video Jadi 1 Jam

Tech - gita rossiana, CNBC Indonesia
10 June 2018 13:09
Instagram berniat kalahkan Youtube, dengan menambah durasi video dari 1 menit jadi 1 jam
Jakarta, CNBC Indonesia- Kompetisi antara Instagram dan Youtube semakin memanas. Berdasar informasi dari seorang influencer yang baru-baru ini berbicara dengan pihak Instagram, disebut-sebut platform media sosial ini akan memperpanjang durasi video yang bisa diunggah dan dinikmati para penggunanya.

Dilansir dari CNBC Internasional, Instagram memang berusaha mengalahkan Youtube dan mengajak para selebgram untuk menggunakan instagram sebagai platform utama aktivitas mereka. Mereka mengimingi para selebgram dengan jumlah pengikut lebih banyak dan menjanjikan ketimbang di Youtube.




Lebih lanjut, dengan menjadi platform utama, maka para pengguna Youtube dan para pemasarnya akan berpindah. Hal ini berarti Facebook bisa mengambil pendapatan iklan Youtube yang ada di Google.

Prospek iklan video digital memang sangat menguntungkan. eMarketer melaporkan, pendapatan iklan tersebut diproyeksi bisa mencapai US$ 19,81 miliar pada 2020. Sebagian besar platform termasuk Facebook membagi pendapatan iklannya dengan pengguna yang populer dan perusahaan media yang membagikan videonya.

Sementara di Instagram, sekitar 71% penggunanya berusia 18-24 tahun. Hal ini tentunya menjadi peluang yang menguntungkan  bagi berbagai merek yang ingin masuk ke target pasar yang tidak menonton iklan atau televisi.

"Ketika kami berbicara kepada para pemasar, Instagram telah menjadi pilihan platform-nya. Sekitar 90% pemasar yang kami tanya mengatakan Instagram adalah jaringan sosial media yang paling penting bagi pembuat konten. Ini adalah sebuah evolusi (apabila Instagram) bergerak ke format konten yang lebih panjang,"ujar CEO Mavrck Lyle Stevens seperti dilansir dari CNBC International, Minggu (10/6/2018).

Seorang influencer dari sebuah platform yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, kesepakatan mengenai video berdurasi panjang tersebut belum final. Hal tersebut terungkap pasca Instagram bertemu dengan beberapa influencer yang ingin membentuk format seri video di Instagram.

Disebutkan bahwa videonya akan berbentuk format vertikal supaya bisa memudahkan pengunjung yang pertama kali menggunakan telepon seluler. Dijelaskan pula, Instagram akan mengizinkan penggunanya meng-upload video lebih lama dari yang ada saat ini, yakni 60 detik. Sementara saat dikonfirmasi mengenai hal ini, pihak Instagram menolak berkomentar.

Berita mengenai video berdurasi panjang platform milik Facebook tersebut perama kali disampaikan oleh Wall Street Journal yang mengatakan, Instagram akan segera memperbolehkan penggunanya untuk meng-upload video hingga 60 menit ke profil mereka.

Kemudian pada Kamis, 7 Juni 2018, TechCrunch menambahkan Instagram telah berbicara dengan media influencer dan para penerbit untuk membuat sebuah konten video, mirip seperti Snapchat Discover.

Kemudian, Instagram tampaknya tidak perlu berupaya keras untuk meyakinkan para selebgram untuk memindahkan videonya. Youtube memang sudah lama menjadi rumah bagi seleb di dunia maya. Namun, beberapa seleb menunjukkan kekesalannya karena tidak ada pembagian yang jelas mengenai pembagian pendapatan.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading