Cryptocurrency

Raksasa e-Commerce Rakuten Akan Terbitkan Uang Digital

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 February 2018 14:12
Raksasa e-Commerce Rakuten Akan Terbitkan Uang Digital
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa toko online (e-commerce) Jepang Rakuten berencana menerbitkan mata uang digital (cryptocurrency) dengan meluncurkan inisiatif bernama "Rakuten Coin". Rencana ini diumumkan oleh CEO Rakuten Hiroshi Mikitani dalam acara Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol pada Minggu (25/2/2018).

Uang digital ini akan digunakan sebagai bagian dari program loyalitas berbasis poin yang dimiliki Rakuten. Ini merupakan cara Rakuten untuk memperluas basis pelanggan internasionalnya, seperti dikutip dari TechCrunch.


Belum jelas kapan uang digital ini diluncurkan. Namun Rakuten berkeinginan untuk bisa dipergunakan di semua bisnis termasuk pada bisnis perjalanan, layanan video on demand dan layanan bergerak Viber.


Rakuten Coin akan diposisikan sebagai metode pembayaran yang dapat mengurangi biaya nilai tukar. Manajemen mengungkapkan sudah menerima banyak permintaan internasional di bidang ini.

Rakuten, yang sering dibandingkan dengan Amazon, telah lama dikaitkan dengan uang digital, sejak manajemen menerima Bitcoin melalui prosesor pembayaran Bitnet.

Manajemen berharap cara ini bisa menarik minat konsumen pengguna mata uang digital untuk ikut program loyalitas Rakuten yang telah memiliki nilai lebih dari US$9 miliar sejak pertama kali diluncurkan pada 2003.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading