Fintech

Siap-Siap Masyarakat Bisa Pinjam Uang Lewat T-Cash

Tech - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
14 February 2018 14:52
Siap-Siap Masyarakat Bisa Pinjam Uang Lewat T-Cash
Jakarta, CNBC Indonesia- Layanan pembayaran online milik Telkomsel, T-Cash berencana menjadi platform untuk penyaluran kredit perbankan. Dengan adanya platform ini diharapkan bisa meningkatkan akses masyarakat kepada lembaga jasa keuangan.

CEO T-Cash Danu Wicaksana menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penjajakan dengan beberapa bank untuk merealisasikan skema penyaluran kredit ini. ”Pada dasarnya semua bank tertarik, tapi saya tidak tahu mana yang lebih cepat,”ujar dia dalam acara seminar mengenai Inklusi Keuangan di Graha Sawala, Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Danu mengungkapkan, dalam hal ini, T-Cash akan menjadi semacam platform (perantara) hubungan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman. “Jadi, hubungan penerima pinjaman tetap dengan bank, tapi aplikasinya bisa melalui T-Cash dan urusan cicil-menyicil juga bisa lewat T-Cash,” tegas dia.


Dengan skema ini, menurut Danu bisa menguntungkan bank dari sisi biaya operasional. Pasalnya, bank tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa sales promotion girl (SPG) atau tenaga pemasaran lainnya untuk menawarkan produk kredit bank.

Kemudian, bank juga bisa meminimalisir risiko kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) dari menerima peminjam pemula. Hal ini dikarenakan perusahaan telekomunikasi memiliki data historical aktivitas telepon penerima pinjaman yang bisa dipergunakan.

”Bank-bank bisa memanfaatkan data dari perusahaan telekomunikasi dengan melihat frekuensi teleponnya, penggunaan pulsanya, lokasinya, namun dengan tetap menjaga privasi nasabah,” terang dia.

Sementara itu, untuk plafon pembiayaan, menurut Danu, pihaknya hanya bisa menjembatani untuk pembiayaan di kisaran Rp 10 juta. Pasalnya, batas maksimal saldo yang ada di instrumen uang elektronik berbasis server adalah Rp 10 juta. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading