Cryptocurrency

Ini Bahasa Slang Dalam Transaksi Bitcoin

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
01 February 2018 14:10
Istilah khusus para investor Bitcoin
Jakarta, CNBC Indonesia – Investor Bitcoin Cs menggunakan berbagai istilah dalam transaksinya. Peter Saddington, pengusaha dan host di situs youtube BiteSizeBitcoin, menjelaskan beberapa istilah slang yang biasa digunakan.

Dilansir dari CNBC, berikut beberapa istilah tersebut.

1. HODL


Kata HODL berasal seorang pria yang salah mengucapkan kata HOLD. Namun sekarang ini istilah HODL dijadikan semacam meme yang digunakan ketika harga bitcoin sedang sangat fluktuatif. Biasanya para investor berkata, “HODL! HODL saja Bitcoin Anda. HODL Litecoin Anda. HODL Ethereum Anda.” Saddington mencontohkan di videonya. Ia juga mengatakan kepanjangan dari HODL adalah hold on for dear life.

2. Sats

Sats artinya satoshis, satuan nilai terkecil dari Bitcoin. Istilah tersebut merupakan sebuah penghormatan bagi pencipta bitcoin yang misterius, Satoshi Nakamoto. Satu Sats setara dengan 0,00000001 per Bitcoin.

3. Pump dan Dump

Istilah pump dan dump digunakan saat melakukan transaksi bitcoin. Pump artinya membeli dan dump artinya menjual. Saddington, dalam videonya, mencotohkan pemakaian kalimat pump dan dump seperti berikut, “Hey! Let’s all of us together pump this coin,” yang artinya “Hey! Ayo kita bersama-sama membeli koin ini”.

Saat membeli bitcoin, investor biasanya menciptakan permintaan di pasar, membeli dan menyimpan, dan menunggu sampai nilai koinnya meningkat, lalu ketika harganya sudah mencapai target yang diinginkan atau menyentuh harga tinggi, maka investor akan menjual (dump) koin miliknya. Dari situlah keuntungan didapatkan.

4. Bagholders 

Bagholder merupakan istilah untuk orang-orang malang yang kehilangan asetnya saat bertransaksi bitcoin. Baik dalam proses pump ataupun dump. Misalnya seseorang yang berniat menjual Bitcoinnya saat harganya sedang tinggi, namun karena pergerakan pasar terlalu cepat, investor tidak dapat menjual bitcoin mereka di harga yang mereka targetkan. Mereka yang akhirnya tanpa sengaja menjual koin mereka di harga yang lebih rendah dan mengalami kerugian ataupun menjual bitcoin mereka dibawah target harga meski tidak mengalami kerugian, akan dijuluki sebagai bagholder.

5. Whale

Whale merupakan istilah yang digunakan untuk menjuluki orang kaya di dunia bitcoin. Biasanya orang tersebut memiliki ratusan bahkan ribuan lebih keping Bitcoin dengan variasi nilai/harga di dalam tiap kepingnya.

6. Mooning

Mooning artinya bisa bervariasi. Saddington mencontohkan dalam videonya bahwa kata ‘mooning’ bisa berarti momen dimana bitcoin mengalami pelonjakan harga sehingga investor biasanya melakukan transaksi Bitcoin mereka.

‘mooning’ juga bisa dipakai sebagai istilah untuk mengelabui orang. Biasanya investor yang cerdik akan mengatakan Bitcoin sedang mengalami 'mooning' sehingga beberapa investor yang termakan trik tersebut akan menjual koinnya, dan investor yang mencuatkan kata 'mooning' akan membeli Bitcoin yang dijual. Meskipun begitu, biasanya saat 'mooning' tidak ada investor yang dirugikan.

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading