Cryptocurrency

Facebook Larang Iklan Bitcoin Cs

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
31 January 2018 10:33
Facebook menemukan banyak perusahaan yang mengiklankan Bitcoin Cs dengan itikad tidak baik. Foto: CNBC
Jakarta, CNBC Indonesia — Facebook tak mendukung Bitcoin Cs. Raksasa media sosial ini melarang semua iklan yang berkaitan dengan Bitcoin, mata uang digital (cryptocurrency) dan penawaran koin perdana atawa initial coin offering (ICO).

Aturan ini mulai berlaku selasa (31/1/2018). Dalam pengumumannya Facebook menyatakan melarang produk keuangan dan jasa yang sering melakukan promosi yang menyesatkan dan mengandung aktivitas penipuan seperti opsi biner, ICO dan mata uang digital.

Bitcoin Cs berkembang dengan cepat karena dianggap sebagai mata uang masa depan. Namun, dalam Bitcoin Cs sering terjadi penipuan, penyimpangan dan resiko lainnya.


Minggu ini, otoritas bursa Amerika Serikat, SEC menutup aktivitas ICO yang mengklaim telah mengumpulkan dana US$600 juta. SEC juga mengingatkan kasus hilangnya dana konsumen dalam ratusan juta dolar akibat ulang hacker (peretas).


Seorang juru bicara Facebook menyatakan pada Business Insider aturan ini tidak hanya akan melarang iklan Bitcoin Cs, juga melarang iklan semua iklan yang mendukung aktivitas Bitcoin Cs seperti dompet elektronik (e-wallet) dan perangkat keras (hardware) untuk menambang Bitcoin Cs.

Dalam blog perusahaan, Direktur Manajemen Produk Facebook Rob Leathern menyatakan Facebook ingin pengguna belajar tentang produk dan layanan baru melalui Facebook tanpa takut akan adanya penyimpangan dan penipuan. “Ada banyak perusahaan yang mengiklankan opsi biner, ICO dan cryptocurrency yang beroperasi tanpa itikad baik,” ujarnya.

Namun pelarangan ini tidak akan bersifat selamanya. “kami akan meninjau kembali kebijakan ini dan bagaimana kami menerapkannya ketika kondisi bisnis Bitcoin cs semakin membaik,” terang Leathern.
Artikel Selanjutnya

Bitcoin Mencoba Menembus Harga di Atas US$12.000/Koin


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading