E-commerce

Turunkan Pajak E-Commerce, Sri Mulyani Tunggu Data Lengkap

Tech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
15 January 2018 19:51
Turunkan Pajak E-Commerce, Sri Mulyani Tunggu Data Lengkap
Jakarta, CNBC Indonesia-Menteri Keuangan Sri Mulyani berjanji akan menurunkan paket insentif pajak akhir bagi pelaku e-commerce termasuk usaha kecil dan menengah (UKM) serendah mungkin.

Hal tersebut dilakukan agar pelaku e-commerce dan termasuk UKM dapat mengikuti persaingan pasar global, termasuk persaingan dengan produk-produk impor. 

Namun, untuk menjalankan rencana tersebut pemerintah masih menunggu data.


“Ada bagian yang pertama kami kita lihat yaitu data supaya lengkap. Tadi Kementerian komunikasi dan informatika (Kemeninfo) dan Badan Pusat Statistik (BPS) terus bekerjasama untuk mendapatkan pendataan yang lengkap,” ujar Sri Mulyani usai menghadiri rapat koordinasi di Gedung Menteri Perekonomian, Senin (15/1/2018).

Selain itu, dalam pengaturan pajak terhadap e-commerce termasuk para pelaku (UKM), pemerintah akan menggunakan level of playing field (kesetaraan) agar seluruh pelaku dan sektor mendapatkan keadilan dan persamaan dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah.

“Kami mempermudah sedapat mungkin tanpa menimbulkan disruption (jarak). Nanti kita lihat PPh (pajak penghasilan)-nya pokoknya bagus,” tambah Sri. (roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading