Baca Surat Yasin 3 Kali di Malam Nisfu Syaban

Syariah - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
07 March 2023 18:54
Ilustrasi pemantauan hilal. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Ilustrasi pemantauan hilal. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat malam Nisfu Syaban, umat Muslim disarankan membaca Al-Qur'an surat Yasin sebanyak tiga kali. Niat baca Yasin tiga kali saat Nisfu Syaban harus dilakukan dengan baik.

Nisfu Syaban 1444 Hijriah jatuh pada 8 Maret 2023. Berarti malam Nisfu Syaban jatuh pada Selasa (7/3/2023) malam ini.



Saat malam Nisfu Syaban, umat Muslim disarankan mengamalkan berbagai amalan saleh, mulai dari salat, membaca doa, berzikir, hingga membaca Al-Qur'an surat Yasin sebanyak tiga kali.

Menukil NU Online, Yasin memiliki kedudukan yang mulia di antara surat lainnya dalam Al-Qur'an. Pasalnya, Yasin mengandung banyak ayat yang baik, mulai dari nasihat hingga ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, tak ada larangan bagi umat Islam yang membaca Yasin hingga tiga kali di malam Nisfu Syaban sembari memohon berbagai keberkahan kepada Allah SWT. Mulai dari meminta pintu rezeki, umur panjang, hingga ampunan dari segala dosa.

Niat membaca Yasin sebanyak tiga kali saat Nisfu Syaban juga diriwayatkan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas al-Maliki sebagai berikut:

لكن لا مانع أن يضيف الإنسان إلى عمله مع إخلاصه مطالبه وحاجاته الدينية والدنياوية، الحسية والمعنوية، الظاهرة والباطنة، ومن قرأ سورة يس أو غيرها من القرآن لله تعالى طالبا البركة في العمر، والبركة في المال، والبركة في الصحة فإنه لا حرج عليه، وقد سلك سبيل الخير (بسرط أن لا يعتقد مشروعية ذلك بخصوصه) فليقرأ يس ثلاثا، أو ثلاثين مرة، أو ثلاث مئة مرة، بل ليقرأ القرآن كله لله تعالى خالصا له مع طلب قضاء حوائجه وتحقيق مطالبه وتفريج همّه وكشف كربه، وشفاء مرضه وقضاء دينه، فما الحرج في ذلك...؟.. والله يحب من العبد أن يسأله كل شئ، حتى ملح الطعام وإصلاح شسع نعله

Artinya:
"Tapi tak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal salehnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin. Siapa saja yang membaca surat Yasin atau surat lainnya dengan ikhlas lillahi ta'ala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah.

Artinya, orang ini telah menempuh jalan yang baik (dengan catatan ia tidak meyakini bahwa amal salehnya itu disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut). Silakan membaca surat Yasin 3 kali, 30 kali, 100 kali, atau menghatamkan 30 juz Al-Qur'an secara ikhlas lillahi ta'ala diiringi dengan permohonan atas segala hajat, doa agar harapan terwujud, permintaan agar dibukakan dari kebimbangan, pengharapan agar dibebaskan dari kesulitan, permohonan kesembuhan dari penyakit, permintaan kepada Allah agar utang terbayar.

Lalu di mana masalahnya? Allah senang terhadap hamba-Nya yang bermunajat kepada-Nya atas pemenuhan hajat apa pun, termasuk hajat atas garam pelengkap masakan dan hajat atas tali sandal yang rusak."

(Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ma Dza fi Sya'ban? Cetakan pertama, 1424 H)

Itulah penjelasan seputar niat membaca Yasin tiga kali di malam Nisfu Syaban. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan kepada umatnya.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading