Simak Jadwal Lengkap Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 H

Syariah - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
28 April 2022 09:51
Petugas dari Badan Hisab Rukiyat memantau hilal 1 Ramadan 1443 H di Gedung Kanwil Kemenag DKI, Jakarta, Jumat 1/4/2022). Indonesia menggunakan metode Hisab dan Rukyat dalam menentukan awal bulan pada Kalender Hijriyah.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah/2022 Masehi pada 1 Mei 2022 mendatang.

Sidang isbat lebaran 2022 akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama. Prosesi sidang isbat akan didahului pengamatan hilal dari 99 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.


Direktur Jenderal Bina Masyarakat Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengemukakan secara hisab posisi hilal saat sudah memenuhi kriteria baru yang sebelumnya telah ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) di atas 3 derajat.

Otoritas Agama merinci tinggi hilal di Indonesia pada 1 Mei 2022 mendatang antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat

"Artinya secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," kata Kamaruddin dalam keterangan resmi.

Adapun kriteria baru MABIMS dijelaskan imkanur rukyat atau terlihatnya hilal dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni tinggi hilal 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kemudian, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-Ormas Islam, Lembaga dan instansi.

Adapun sidang isbat lebaran 2022 akan dilaksanakan secara hybird yaitu daring dan luring. Sebagian peserta akan hadir di lokasi, sementara sebagian lainnya mengikuti secara online melalui zoom meeting.

Sidang isbat lebaran 2022 dapat diakses melalui live streaming TVRI, kanal Youtube Kementerian Agama, hingga media sosial Kementerian Agama.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadan Jatuh Pada Minggu 3 April 2022


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading