Di Balik Proyek Halal Park, Ini Rencana Akbar Jokowi

Syariah - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 April 2019 13:05
Di Balik Proyek Halal Park, Ini Rencana Akbar Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia- Demi mempertahankan posisi Indonesia sebagai destinasi wisata halal nomor wahid, Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan proyek 'Halal Park' bernilai Rp 250 miliar.

Apa sebetulnya tujuan Jokowi mendirikan kawasan halal yang terletak di area Gelora Bung Karno (GBK) ini?

Ini Rencana Akbar Jokowi di Balik Proyek Halal ParkFoto: Halal Park (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)



Dalam sambutannya di peresmian Halal Park, Jokowi menjelaskan potensi industri halal sangatlah besar. Ia memaparkan perkembangan industri halal dunia di 2019 bisa mencapai US$ 3,37 triliun. Naik pesat dibanding 2013 yang masih US$ 2 triliun, artinya tumbuh 9,5%.


Lalu, Jokowi mengatakan Indonesia dengan prestasi wisata halal terbaik di dunia melirik potensi turis muslim dunia. " Tahun 2020 ada 158 juta orang, besar sekali. Artinya ada segmen pasar yang harus digarap. Tahun 2019, target kunjungan wisata halal ke Indonesia ada 5 juta orang," ujarnya, Selasa (16/4/2019).

Jokowi pun menargetkan agar industri wisata halal jadi sektor utama pengembangan industri halal nusantara. "Dari sinilah semua nanti bisa ketarik, Indonesia berada di posisi kedua untuk sektor fashion muslim global. Sekali lagi ini kesempatan kita menggunakan peluang yang ada untuk pasarkan produk halal kita."

Ini Rencana Akbar Jokowi di Balik Proyek Halal ParkFoto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi menteri BUMN Rini Sumarno, menteri agama Lukman Hakim Saifudin, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di acara Halal Park Pembukann Halal Park kawasan Halal Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Halal Park, diharapkannya sebagai embrio dari pembangunan halal distrik yang akan dibangun di GBK. Gagasannya adalah membangun 21 ribu meter persegi bangunan dengan nilai investasi Rp 250 M. "Ini bukan barang baru, kita sudah bicarakan satu dua tiga pertemuan di Istana dan ini adalah sebuah realisasi."

Jokowi menekankan dengan keberadaan kawasan ini, Indonesia akan angkat industri halal sebagai motor pertumbuhan ekonomi, ladang kreativitas dan produktivitas generasi muda.

Saksikan Video Investasi Halal Tidak Harus Mahal

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading