Jokowi: Raja Salman Setuju Kuota Haji Ditambah 10 Ribu Orang

Syariah - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 April 2019 12:37
Jokowi: Raja Salman Setuju Kuota Haji Ditambah 10 Ribu Orang

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Indonesia akan kuota haji untuk jemaah Indonesia akan bertambah. Kepastian itu disampaikan Jokowi selepas meresmikan pembangunan Halal Park di Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

"Saya sudah ketemu dengan Sri Baginda Raja Salman. Langsung disampaikan oleh beliau. Bahwa ini sebenarnya permintaan sudah lama, langsung dijawab beliau secara resmi kita ditambahkan kuota haji alhamdulillah 10 ribu orang. Jadi dari 221 ribu orang menjadi 231 ribu orang," katanya.





Penambahan kuota itu, menurut Jokowi, akan berdampak kepada waktu tunggu calon jemaah haji Indonesia. Ada yang harus menunggu antara 35 tahun hingga 40 tahun.

"Kepada Sri Baginda saya sampaikan lahir langsung harus daftar antrean," ujar Jokowi.

"Itu pun saya sudah menyampaikan kepada Raja Salman agar ada tambahan lagi, saya masih minta lagi tapi belum dijawab langsung. Iya tapi belum dijawab langsung, akan dipikirkan. Permintaan kita kemarin 250 ribu orang," lanjutnya.




Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Arab Saudi pada Minggu (14/4/2019) hingga Senin (15/4/2019). Selain bertemu Raja Salman, Jokowi juga bertemu dengan sejumlah pejabat antara lain Pangeran Muhammad bin Salman. Indonesia dan Arab Saudi sepakat untuk terus memperkuat hubungan ekonomi kedua negara.

Simak video penjelasan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin selepas debat pamungkas di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading