Newsdata

Warga RI Wajib Bersyukur, Negara Ini Puasa Sampai Jam 8 Malam

Research - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
27 March 2023 11:25
Puluhan ribu jemaah menjalankan ibadah salat Jumat di kompleks Masjid Al-Aqsa pada awal Ramadan, Jumat (24/3) waktu setempat. (AFP via Getty Images/AHMAD GHARABLI) Foto: Puluhan ribu jemaah menjalankan ibadah salat Jumat di kompleks Masjid Al-Aqsa pada awal Ramadan, Jumat (24/3) waktu setempat. (AFP via Getty Images/AHMAD GHARABLI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan Ramadhan merupakan momentum yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia.

Pada bulan ini seluruh umat Muslim bakal melaksanakan ibadah puasa sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Namun ternyata, tidak semua negara mendapatkan waktu terbit matahari yang sama.

Pada umumnya, waktu puasa rata-rata di setiap negara berkisar antara 13 hingga 14 jam. Kendati demikian, ada beberapa negara yang mendapatkan 'bonus' waktu untuk menjalankan ibadah yang lebih lama dari yang lainnya. Negara mana saja? simak daftarnya.

Berdasarkan website hamari.web, rata-rata waktu Sahur di Islandia berisar pada pukul 03:29-04:00 pagi . Sementara itu, buka puasa pada pukul 19:51-20:05 WIB.

Bahkan ada beberapa negara yang mendapat berkah untuk menjalani puasa lebih lama, bahkan hingga 20 jam. Hal ini terjadi pada puasa Ramadhan 2020 di tiga negara, yakni Greenland, Norwegia, dan Finlandia.

Kendati begitu, menurut The National News, umat Islam di negara dengan jarak Matahari terbenam dan terbit kurang dari tiga jam, tidak benar-benar menjalankan puasa selama 20 jam.

rBiasanya, ada fatwa yang memungkinkan agar penduduk Muslim mengikuti jadwal di kota atau negara lain dengan durasi puasa lebih pendek, seperti durasi puasa Mekah di Arab Saudi.


Biasanya, ada fatwa yang memungkinkan agar penduduk Muslim mengikuti jadwal di kota atau negara lain dengan durasi puasa lebih pendek, seperti durasi puasa Mekah di Arab Saudi.

Meski demikian, ada pula sebaliknya yang mengalami durasi puasa terpendek dari negara negara lainnya. Siapa saja? simak jajaran negara tersebut pada tabel berikut.

Bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia sendiri terdapat perbedaan waktu berbuka puasa setiap wilayah. Melansir laman Al Arabiya, ternyata Jakarta, Indonesia ini termasuk ke dalam daftar negara yang memiliki durasi puasa terpendek dengan waktu sekitar 13 jam. Durasi ini sama dengan wilayah Nairobi di Kenya.

Kendati demikian, berbeda dengan wilayah banda Aceh, Indonesia yang masuk ke dalam wilayah dengan durasi berpuasa lama yakni mencapai 13 jam.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

(aum/aum)

[Gambas:Video CNBC]