Newsdata

Tren Pengguna Internet Dunia Terus Meningkat, Bagaimana RI?

Research - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
12 January 2023 14:40
UKRAINE - 2021/08/31: In this photo illustration an Internet Explorer (IE or MSIE) logo is seen on a smartphone with a Microsoft logo in the background. (Photo Illustration by Pavlo Gonchar/SOPA Images/LightRocket via Getty Images) Foto: SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images

Jakarta, CNBC Indonesia - Menilik data dari Persatuan Telekomunikasi Internasional atau International Telecommunication Union (ITU) menunjukan bahwa tren  pengguna internet di dunia naik signifikan sejak 2005 angkanya sudah mencapai 5,3 miliar orang pada 2022. Artinya sudah 66% penduduk dunia menggunakan internet.

Berdasarkan data tersebut, angka pengguna internet dunia tercatat naik 8,16% dibandingkan setahun 2021. Global Web Index dalam laporannya mencatatkan bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat global untuk mengakses internet selama 403 menit atau 6 jam 43 menit pada 2022. 

Di Indonesia sendiri, pembangunan jaringan internet semakin meluas di berbagai pelosok negeri setiap tahunnya. Pertumbuhan jaringan ini menyebabkan masyarakat yang mengakses internet di tanah air pun semakin bertambah.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), persentase masyarakat Indonesia yang mengakses internet terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Pada 2017, misalnya, baru ada 57,33% rumah tangga di Indonesia yang mengakses internet.

Sejak 2017 hingga 2021, BPS mengatakan, rumah tangga yang mengakses internet terus mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibanding dengan peningkatan rumah tangga yang memiliki/menguasai komputer.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(aum/aum)

[Gambas:Video CNBC]