Economic Update 2022

Sandiaga Bicara Soal Pariwisata, Tiket Pesawat & Pulau Komodo

Profil - linda hasibuan, CNBC Indonesia
10 August 2022 06:00
Menteri Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno Foto: Menteri Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno buka-bukaan tentang kondisi pariwisata di dalam negeri yang terkena hantaman paling parah dari pandemi covid-19.

Hal ini disampaikan dalam segmen Economic Update pada program Closing Bell CNBC Indonesia yang ditayangkan Selasa (9/8/2022).


Menurut Sandiaga, sektor pariwisata kini sudah mulai bangkit. Tempat wisata sudah mulai didatangi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing.

Meski demikian, ada sederet tantangan yang harus ditempuh agar pemulihan ini dapat terus berlanjut.

Sandiaga juga memberikan penjelasan mengenai lonjakan harga tiket pesawat hingga tarif masuk Taman Nasional Komodo.

Seperti apa penjelasannya, simak wawancara Sandiaga Uno berikut!

Bagaimana nasib pariwisata di tengah pandemi Covid-19?

Wajib bersyukur bahwa capaian kebangkitan khususnya di sektor pariwisata ini terus menunjukkan kenaikan signifikan dari jumlah wisatawan mancanegara wisatawan nusantara yang terus meningkat dan beragam dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kuartal kedua 5,44% ternyata sektor pariwisata menyumbangkan ada di posisi 1 dan 2 9,76% gimana kita juga melihat bahwa di kuartal kedua ini dengan penanganan pandemi yang terkendali dengan kewaspadaan dan penerapan protokol sektor pariwisata mampu menyumbangkan geliat ekonomi terutama di beberapa sub sektor unggulan seperti hotel menunjukkan peningkatan restoran dan serta perjalanan wisata.

Sektor ekonomi kreatif sebagai suatu sub sektor yang sangat berkembang dilihat dari kuliner kriya dan fashion ini menjadi penyumbang hampir 7,5% dari PDB Indonesia Jadi kami sangat optimis jika kita harus waspada dalam menghadapi ketidakpastian dan terus menyiapkan dan kebijakan yang tepat sasaran tepat manfaat dan tepat waktu maka target pencapaian 1,1 juta lapangan kerja baru di Indonesia di Tahun 2022 ini dapat kita lihat.

Langkah dari pemerintah agar sektor pariwisata bisa bertahan dalam kondisi ini seperti apa?

Sesuai dengan arahan dari bapak Presiden pada sidang kabinet Paripurna kemarin bahwa kita harus menjelaskan What is Inflation. Apa itu inflasi ini harus jelaskan dengan detail kepada publik bahwa inflasi itu adalah terbagi beberapa bagian dan salah satu yang paling terasa dalam yaitu inflasi di sektor pangan yaitu pola sampai di atas 9% ini tidak boleh naik lagi karena ini dipicu oleh ketidaktersediaan supply ada di subsidi rantai pasok.

Hal ini harus kita perbaiki agar harga cabai, bawang, telur dan kebutuhan pokok yang mensuplai subsektor ekonomi kreatif seperti kuliner dan sektor pariwisata lain bisa kita pastikan ke depan dalam keadaan aman terkendali.

Harga tiket pesawat Ini dipicu oleh ketidaktersediaan penerbangan jumlah kursi yang terbatas. Oleh karena itu kita harus memberikan insentif agar jumlah pesawat di tingkatkan secara signifikan.

Jumlah ketersediaan kursi kita tambahkan dan ini adalah peran dari tata kelola ini berkelanjutan di mana resiliensi atau ketangguhan yang tepat kita hadirkan bekerjasama dengan sektor dunia usaha sehingga dampak tingginya harga tiket ini bisa di kuartal ketiga dan kuartal keempat tahun ini bisa lebih dimoderasi.

Kami terus bergerak dengan cepat berbicara dengan penerbangan. Kita undang dan tanya apa yang diperlukan langkah-langkah apa yang bisa di dorong bikin Garuda percepat replikasinya. Untuk grup-grup bagaimana kita juga bisa segera merealisasikan penambahan jumlah pesawat agar pelayanan kepada destinasi destinasi wisata unggulan segera kita siapkan masa liburan di akhir tahun 2022.

Sehingga harga-harga tiket jauh lebih terjangkau dan juga jumlah wisatawan mancanegara di 550 juta pergerakan 1,8 juta wisatawan mancanegara ini bisa tercapai.

Tiket Pesawat, Pulau Komodo & Candi Borobudur
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading