Achmad Sugiarto
Achmad Sugiarto

Satyalencana Wirakarya Presiden RI 2016, APICTA-ASEAN-Indonesia ICT Awards, Role Model Corporate Culture Telkom Group 2017, Penulis buku Synergy Way of Disruption (Gramedia) 2018, Harvard Business School Executive Program 2019, Chief Strategy Officer - Direktur Strategic Portfolio Telkom 2019-2020, Advisor beberapa startup teknologi dan digital 2021.

Profil Selengkapnya

Kecepatan & Efektivitas Transformasi Jadi Kunci Create Value

Opini - Achmad Sugiarto, CNBC Indonesia
27 May 2021 11:35
INFOGRAFIS, 5 Fakta Soal Merger Gojek dan Tokopedia

Berita CNBC Indonesia, akhir-akhir ini memuat banyak ulasan menarik industri dan bisnis terkini, yang kekinian khususnya artikel terkait GoTo, merger Gojek dengan Tokopedia, yang konon para investor mengatakan bahwa valuasi GoTo akan berada di kisaran jumbo yaitu US$ 17 miliar (Rp 242,2 triliun), bertengger menjadi perusahaan kapitalisasi pasar besar di BEI.

Kemudian, tentu banyak analis membacanya, hal tersebut akan menjadi sebagai peluang dan ancaman buat industri, bila GoTo akan IPO.

Banyak berita menarik memang sebelumnya di tanah air, makin menjamurnya inisiasi Bank-Bank Digital di tanah air, berita tentang startup peer to peer lending (P2P) Kredivo resmi tercatat 24% pemegang saham baru salah satu bank bisnis, juga muncul transaksi jumbo lainnya di pasar perdagangan akhir pekan lalu.

Disisi lain, pandemic COVID-19 membuat struggle industry, rethink dimana-mana, penyederhanaan, terobosan inovasi baru, tawaran pensiun dini, hingga merger akuisisi, bahkan bankruptcies, buyouts dan breakups bisa saja menjadi berita kedepannya, tentu kita harus terus semangat mendorong Indonesia Maju yang berkelanjutan.

Sependapat dengan investor kawakan Lo Kheng Hong, saat ini kejarlah track record laba. Penulis berpendapat, buatlah Guide to Managing Growth perusahaan, efektifitas transformasi untuk creating value through corporate restructuring, harus selalu diupayakan dan disiplin dilakukan.

Siapa yang lebih cepat, maka merekalah yang akan mampu create value suatu arena industri baru, yang saling menguntungkan di tengah pandemic COVID-19, harusnya yang akan diuntungkan tetap adalah masyarakat, karena akan makin banyak kemudahan yang dapat dinikmati, dan begitupun bagaimana seharusnya bangsa ini juga diuntungkan, no business can afford to ignore the theory of disruptive innovation.


(dru)
Opini Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Opinion Makers
    z
    spinner loading
Features
    spinner loading