Skema Pembiayaan Kreatif Temui Hasil Akhir, Cari Tahu di Sini

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
30 November 2022 20:11
Hari Puncak CreatIFF Foto: dok Hari Puncak CreatIFF

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan terus mendorong inovasi pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur bidang PUPR mulai dari sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman, serta perumahan.

Hal ini dilakukan mengingat kemampuan APBN 2020-2024 diproyeksikan hanya mampu memenuhi 30% atau sekitar Rp 623 triliun dari total kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur sebesar Rp 2.058 triliun.

Adapun berbagai inovasi pembiayaan yang sudah disiapkan, antara lain melalui Kerja Sama Pemerintah denganBadan Usaha (KPBU), skema estafet financing, pembiayaan campuran (blended financing), hingga perbaikan skema delivery dengan pendekatan source to tap untuk infrastrukur air minum, dan perluasan akses pembiayaan perumahan kepada MBR. Melalui skema-skema tersebut, funding gap sebesar Rp 1,435 triliun atau 70% diharapkan dapat terpenuhi.

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan telah mendiskusikan skema-skema tersebut dengan para pemangku kepentingan melalui rangkaian Webinar Road to Creative Infrastructure Financing (CreatIFF) 2022.

Demi mengulas kembali inovasi skema pembiayaan tersebut, hari puncak dari rangkaian Creative Infrastructure Financing (CreatIFF) 2022 akan diselenggarakan. Mengusung tema Inovasi Pembiayaan Infrastruktur PUPR yang Berketahanan dan Berkelanjutan, hari puncak CreatIFF 2022 akan digelar pada Kamis, 1 Desember 2022 pukul 08.45-11.00 WIB.

Dalam Hari Puncak CreatIFF 2022 ini, akan dilakukan soft-launching Sistem Informasi Proyek KPBU Atas Prakarsa Badan Usaha (SIPRABU) dan Sistem Informasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU (SIPADU) dan Signing Commitment Fund dengan CRCC International Investment. Selain itu, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan akan menyampaikan kesimpulan hasil rangkaian Webinar CreatiFF tahun 2022.

Tak hanya itu, pada puncak CreatiFF 2022 ini juga menghadirkan sesi investor dialog dengan narasumber antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Keuangan, dan Perekayasa Ahli Utama Ditjen Sumber Daya Air Ir. Arie Setiadi Moerwanto.

Kemudian narasumber lain yang akan menjadi penanggap, yaitu Direktur Utama PT Moya Indonesia, Direktur Utama PTBank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Ketua Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), Vice President of CRCC International Investment Co. Ltd, Country Director of The Export-Import Bank of Korea (KEXIM), dan Senior Housing Specialist World Bank.

Jangan sampai ketinggalan hari puncak Creative Infrastructure Financing (CreatIFF) 2022 'Inovasi Pembiayaan Infrastruktur PUPR yang Berketahanan dan yang juga disiarkan live di CNBC Indonesia dan CNBCIndonesia.com.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata Ini Lho Yang Bikin Pembangunan Infrastruktur Meleset


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading