Internasional

Tak Ada RI, Geger 4 Negara Daftar Kebaya Warisan ke UNESCO

News - sef, CNBC Indonesia
25 November 2022 06:30
Komunitas warga berkebaya berjalan di sekitar kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (25/6). Gerakan tersebut mengajak para warga untuk mengenakan busana identitas Indonesia seperti berkebaya pada hari selasa. Belasan perempuan mengenakan kebaya berlalu lalang melintasi kawasan Stasiun BNI dan MRT Dukuh Atas. Mereka juga menyerukan hastag #SelasaBerkebaya.  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: #SelasaBerkebaya di Kawasan Stasiun Dukuh Atas (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Empat negara ASEAN mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya takbenda ke UNESCO. Mereka adalah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand.

Negara-negara tersebut melakukan ini melalui upaya multinasional bersama. Dikutip Strait Times, penyerahan pendaftaran akan dilakukan Maret 2023.

"Kebaya adalah pakaian tradisional wanita yang populer di wilayah tersebut," kata Dewan Warisan Nasional (NHB), dikutip di laman itu, Jumat (25/11/2022).

"Mewakili dan merayakan sejarah bersama di wilayah tersebut, mempromosikan pemahaman lintas budaya dan terus hadir dan secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di Tenggara Asia," tambah lembaga tersebut.

Hal sama juga ditegaskan CEO NBH Chang Hwee Nee. Dia mengatakan bahwa "nominasi bersama" itu menggarisbawahi multikulturalisme dan akar bersama negara-negara tersebut.

"Kebaya telah, dan terus menjadi, aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya dan identitas Melayu, peranakan dan komunitas lainnya di Singapura, dan merupakan bagian integral dari warisan kami," jelasnya.

"Sebagai kota pelabuhan multikultural, dengan hubungan lintas Asia Tenggara dan dunia," tambahnya.

Sebelumnya keinginan untuk ini sudah muncul di 2022. Kala itu Singapura menginventarisasi 102 elemen budaya lokal terkuat, termasuk budidaya anggrek dan pembuatan kecap.

Lalu diskusi juga sudah dilakukan di Agustus dan Oktober. NHB mengadakan enam diskusi kelompok terarah dengan 48 peserta untuk mencari pandangan tentang nominasi tersebut.

"Empat negara itu berjanji akan memastikan promosi dan transmisi praktik terkait kebaya," lanjut NBH.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Maaf, Kayaknya Malaysia Juga Bakal Salip Indonesia Deh...


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading