Internasional

Inggris Kirim Helikopter ke Ukraina, Siap Terjun Lawan Rusia?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
24 November 2022 17:45
Ilustrasi Helikopter. (Dok: Freepik) Foto: Ilustrasi Helikopter. (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris Ben Wallace mengumumkan negaranya mengirim helikopter ke Ukraina untuk pertama kalinya. Keputusan ini diambil demi meningkatkan dukungan untuk perlawanan Kyiv terhadap pasukan Vladimir Putin.

Tiga helikopter Sea King akan disediakan, dengan yang pertama sudah ada di Ukraina, menurut PA Media. Mereka adalah pesawat yang diujicobakan pertama yang dikirim oleh Inggris sejak serangan Rusia pada Februari.

Wallace juga mengatakan 10.000 peluru artileri tambahan dikirim untuk membantu Ukraina mengamankan wilayah yang telah direbutnya kembali dari pasukan penyerang dalam beberapa pekan terakhir.

"Dukungan kami untuk Ukraina tidak tergoyahkan. Peluru artileri tambahan ini akan membantu Ukraina mengamankan tanah yang telah direbutnya dari Rusia dalam beberapa pekan terakhir," katanya saat berkunjung ke Norwegia, mengutip The Guardian, Kamis (24/11/2022).

Royal Navy memberikan pelatihan enam minggu tentang Sea Kings di Inggris untuk angkatan bersenjata dan insinyur Ukraina, kata Kementerian Pertahanan. Dukungan baru tersebut mengikuti komitmen untuk menyediakan 1.000 rudal permukaan-ke-udara dan 125 senjata anti-pesawat.

Dukungan baru datang setelah Perdana Menteri Rishi Sunak mengumumkan tambahan 50 juta poundsterling bantuan pertahanan saat dirinya mengunjungi Kyiv selama akhir pekan.

Serangan Rusia pada Rabu menewaskan bayi yang baru lahir di bangsal bersalin Ukraina, serta dua orang lainnya di tempat lain. Layanan darurat Ukraina mengatakan roket Rusia telah menabrak sebuah bangunan semalam di Vilniansk, bagian dari wilayah selatan Zaporizhzhia.

Bayi itu meninggal saat wanita dan dokter diselamatkan dari puing-puing, kata tim penyelamat. Menurut informasi awal, tidak ada orang lain yang terjebak di bawah reruntuhan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Putin Sakit-sakitan, Nama Ini Muncul Sebagai Penggantinya


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading