Jokowi Lantik Eks Watimpres Jadi Utusan Khusus Presiden

News - cha, CNBC Indonesia
23 November 2022 10:11
Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi dan Pelantikan Utusan Khusus Presiden, 23 November 2022. (Tangkapan layar) Foto: Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi dan Pelantikan Utusan Khusus Presiden, 23 November 2022. (Tangkapan layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Muhammad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerjasama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan.

Pengangkatan tersebut ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) 48/M/2022 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden Bidang Kerjasama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan.

Prosesi pelantikan Mardiono digelar di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah tamu yang terbatas.

"Sebelum saya mengambil sumpah, berkenaan dengan pengangkatan saudara sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerjasama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara, bersediakah saudara diambil sumpah menurut agama Islam?," tanya Jokowi, Rabu (23/11/2022).

Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi dan Pelantikan Utusan Khusus Presiden, 23 November 2022. (Tangkapan layar)Foto: Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi dan Pelantikan Utusan Khusus Presiden, 23 November 2022. (Tangkapan layar)
Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi dan Pelantikan Utusan Khusus Presiden, 23 November 2022. (Tangkapan layar)

"Bersedia," jawab Mardiono.

Jokowi kemudian membacakan sumpah yang diikuti oleh Mardiono.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan dan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya demi darma bhakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi yang diikuti dengan Mardiono.

Mardiono sendiri merupakan eks Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) yang baru saja mengundurkan diri, setelah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Bicara Subsidi BBM, Ekonomi Gelap hingga Isu 3 Periode


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading