Harga Minyak Ambles, Nyaris Terendah dalam 2 Bulan

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 November 2022 20:37
Foto : REUTERS/Lucas Jackson/ Foto: REUTERS/Lucas Jackson/

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak turun mendekati posisi terendah dalam dua bulan terakhir pada Senin (21/11/2022), setelah sebelumnya turun sekitar US$ 1 per barel.

Penurunan harga minyak terjadi akibat kekhawatiran pasokan surut, permintaan bahan bakar dari China yang melemah, serta penguatan dolar Amerika Serikat (AS) yang membebani harga.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah Brent berjangka untuk Januari telah turun 65 sen, atau 0,7%, menjadi US$ 86,97 per barel pada pukul 10:00 GMT atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk Desember berada di US$ 79,71 per barel, turun 37 sen atau 0,5%, menjelang berakhirnya kontrak pada Senin. Kontrak Januari yang lebih aktif turun 50 sen atau 0,6% menjadi US$ 79,61 per barel.

Kedua jenis harga minyak tersebut ditutup pada hari Jumat di level terendah sejak 27 September 2022, ini memperpanjang kerugian untuk minggu kedua di mana Brent turun 9% dan WTI 10% lebih rendah.

"Terlepas dari prospek permintaan yang melemah karena pembatasan Covid China, rebound dolar AS hari ini juga merupakan faktor bearish untuk harga minyak," kata analis CMC Markets Tina Teng, dikutip dari Reuters, Senin (21/11/2022).

"Sentimen risiko menjadi rapuh karena data ekonomi semua negara besar baru-baru ini mengarah ke skenario resesi, terutama di Inggris dan zona euro," katanya, menambahkan bahwa komentar hawkish dari Federal Reserve AS pekan lalu juga memicu kekhawatiran atas pandangan ekonomi AS.

Penyebaran minyak mentah berjangka Brent bulan depan juga menyempit tajam minggu lalu sementara WTI berubah menjadi contango, mencerminkan berkurangnya kekhawatiran pasokan.

Sementara ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut di tempat lain telah mengangkat greenback, sehingga membuat komoditas berdenominasi dolar lebih mahal bagi investor.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Kabar Harga Pertalite Naik, Harga Minyak Dunia Anjlok!


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading