Jokowi Klaim RI di Puncak Kepemimpinan Dunia, Apa Alasannya?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
21 November 2022 11:02
Musyawarah Nasional ke-17 HIPMI, Surakarta, 21 November 2022. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden RI) Foto: Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional ke-17 HIPMI di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional ke-17 HIPMI di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan posisi Indonesia saat ini di kancah percaturan global.

Kepala negara memaparkan, kalau Indonesia baru menuntaskan perhelatan KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

"Ini adalah sebuah amanat dan kehormatan besar dan betul-betul kita berada di puncak kepemimpinan global saat ini karena kita sekaligus sekarang ini juga sebagai ketua ASEAN," kata Jokowi.

Menurut kepala negara, kepercayaan menjadi presidensi G20 tahun ini tidak mudah diperoleh. Jokowi menekankan pentingnya untuk menjaga kepercayaan.

"Kalau kita jadi pengusaha yang kita bangun adalah kepercayaan orang terhadap kita. Ini sebagai negara kita juga membangun kepercayaan internasional, kepercayaan global, kepercayaan negara lain terhadap Indonesia. Ini yang tidak mudah, ini yang tidak mudah," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kalau dunia percaya kepada Indonesia lantaran memang bisa dipercaya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Video: Presiden Jokowi Resmi Buka KTT G20 Indonesia 2022


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading