Tak Terduga! Nih Deretan Kehebohan Selama KTT G20 Bali

News - Anisa Sopiah, CNBC Indonesia
16 November 2022 20:45
From left, German Chancellor Olaf Scholz, Australian Prime Minister Anthony Albanese, U.S. President Joe Biden, India Prime Minister Narendra Modi, Indonesia President Joko Widodo, European Commission President Ursula von der Leyen, Italian Prime Minister Giorgia Meloni, Japan Prime Minister Fumio Kishida, and Spain Prime Minister Pedro Sanchez raise shovels as they visit a mangrove seeding area as part of the G20 Summit in Denpasar, Bali, Indonesia, on Wednesday Nov. 16, 2022. (AP Photo/Dita Alangkara,Pool) Foto: AP/Dita Alangkara

Jakarta, CNBC Indonesia - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah berakhir. Banyak hal yang menyita perhatian publik dari mulai ketidakhadiran Putin dalam KTT tersebut, G7 yang menggelar rapat dadakan, hingga kedekatan Iriana dan Istri Presiden Korea Selatan.

Berikut deretan kehebohan selama KTT G20 berlangsung yang dirangkum tim CNBC Indonesia, Rabu (16/11/2022).

Menlu Rusia Masuk RS

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dibawa ke rumah sakit tak lama setelah dia mendarat di Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Dilansir Associated Press (AP), ia sempat dilaporkan sakit dan dirawat karena masalah jantung. Namun tak lama setelahnya, Rusia membantah laporan tersebut.

Menlu Rusia, Sergei Lavrov (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden RI)Foto: Menlu Rusia, Sergei Lavrov (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden RI)
Menlu Rusia, Sergei Lavrov (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden RI)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan laporan tersebut merupakan sebuah kebohongan. Ia juga mengunggah video Lavrov yang sedang duduk di luar di teras, mengenakan celana pendek serta kaus dan membaca dokumen.

"Ini, tentu saja, adalah puncak pemalsuan," katanya, dikutipReuters, Senin (14/11/2022).

Zakharova mengunggah video Lavrov yang berusia 72 tahun itu sedang duduk di luar di teras, mengenakan celana pendek serta kaus dan membaca dokumen.

"Kami di sini bersama Sergei Viktorovich (Lavrov) di Indonesia, membaca berita dan kami tidak dapat mempercayai mata kami.Ini adalah jenis permainan yang bukan hal baru dalam politik. Wartawan Barat harus lebih jujur, mereka harus menulis kebenaran," katanya, dikutip Reuters, Senin (14/11/2022).

Hal tersebut terbukti dengan kehadiran Lavrov dalam keadaan sehat pada pembukaan acara puncak KTT G20 Bali, Selasa (15/11/2022).

Joe Biden Bertemu Xi Jinping

Presiden Amerika Serikat (AS) akhirnya bertemu Presiden China Xi Jinping di tengah ketegangan geopolitik dunia. Pertemuan ini terjadi di sela-sela agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Baliselama 3,5 jam pada Senin (14/11/2022).

Pertemuan tersebut diawali dengan salaman oleh kedua pimpinan negara. Tidak ada tampak ketegangan atau raut amarah dari wajah Biden maupun Xi Jinping. Keduanya pun bahkan melempar senyuman saat kamera media memotret pertemuan mereka.

TOPSHOT - US President Joe Biden (R) and China's President Xi Jinping (L) shake hands as they meet on the sidelines of the G20 Summit in Nusa Dua on the Indonesian resort island of Bali on November 14, 2022. (Photo by SAUL LOEB / AFP) (Photo by SAUL LOEB/AFP via Getty Images)Foto: AFP via Getty Images/SAUL LOEB
TOPSHOT - US President Joe Biden (R) and China's President Xi Jinping (L) shake hands as they meet on the sidelines of the G20 Summit in Nusa Dua on the Indonesian resort island of Bali on November 14, 2022. (Photo by SAUL LOEB / AFP) (Photo by SAUL LOEB/AFP via Getty Images)

Biden mengaku sangat senang dengan pertemuan ini. Dia mengatakan, pertemuan ini ditujukan untuk menghindari konflik antara AS dan China.

"Kami akan berkompetisi dengan semangat, tetapi saya tidak mencari konflik," tegasnya dalam konferensi pers di Hotel Hyatt, Nusa Dua Bali, Senin (14/11/2022).

Xi Jinping menginginkan agar ada keterbukaan masing-masing negara, sehingga bisa membahas isu-isu strategis ke depan.

"Dunia mengharapkan China dan Amerika Serikat akan menangani hubungan dengan baik," kata Xi seperti dikutip dari AFP, Senin (14/11/2022).

Suntik Mati PLTU, RI Ketiban Durian Runtuh

Indonesia akan mendapatkan pendanaan hingga US$ 20 miliar atau sekitar Rp 311 triliun (asumsi kurs Rp 15.564 per US$) dari negara G7 untuk mempercepat pelaksanaan transisi energi di Indonesia. Kabar baik ini disampaikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

"Bersama kita memobilisasi US$ 20 miliar dalam pengembangan EBT dan mendukung transisi energi untuk menjauhi batu bara," ungkapnya saat KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

RI Dapat Foto: RI Dapat "Kucuran Dana" Rp 311 T Dari Biden & G7 (CNBC Indonesia TV)
RI Dapat "Kucuran Dana" Rp 311 T Dari Biden & G7 (CNBC Indonesia TV)

Selain itu,Climate Counselor to The Secretary at US Department of The Treasury Jepang dan AS serta Norwegia dalam enam bulan ke depan akan membantu Indonesia membuat rencana investasi komprehensif dalam payungJust Energy Transition Partnership (JETP) untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE). Salah satunya untuk suntik mati PLTU.

Dana ini akan dipakai untuk mendorong proyek berbasis energi terbarukan seperti mendukung pengembangan kendaraan listrik dan teknologi.

"Ini juga bisa menciptakan lapangan kerja dan bisa berkontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim global," tutur Biden.

PM Kanada & PM Inggris Curi Perhatian

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunakmendapat sorotan saat menghadiri undangan makan malam KTT G20, Selasa (15/11/2022).

Presiden dan Ibu Iriana Gelar Jamuan Santap Malam bagi Para Pemimpin G20. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden dan Ibu Iriana Gelar Jamuan Santap Malam bagi Para Pemimpin G20. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden dan Ibu Iriana Gelar Jamuan Santap Malam bagi Para Pemimpin G20. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Trudeau datang dengan menggunakan batik berwarna fuschia. Tampak dirinya berjalan dengan percaya diri di karpet merah. Ia membiarkan dua kancing kemeja batiknya terbuka. Trudeau kemudian langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Widodo.

Indonesian President Joko Widodo welcomes British Prime Minister Rishi Sunak at the Welcoming Dinner during G20 Leaders' Summit, at the Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, in Badung, Bali, Indonesia, November 15, 2022. REUTERS/Willy Kurniawan/PoolFoto: REUTERS/WILLY KURNIAWAN
Indonesian President Joko Widodo welcomes British Prime Minister Rishi Sunak at the Welcoming Dinner during G20 Leaders' Summit, at the Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, in Badung, Bali, Indonesia, November 15, 2022. REUTERS/Willy Kurniawan/Pool

Selain itu, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunakjuga turut tampil memukau. Ia hadir mengenakan batik berwarna merah magenta.Ia kemudian berfoto bersama Presiden Joko Widodo dan ibu negara disambut seruan heboh awak media.

Akrabnya Iriana Jokowi & Ibu Negara Korsel

Ibu Negara Republik Korea, Kim Keon-hee, tiba di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, Senin (14/11/2022) sekitar pukul 16.30 WITA. Kedatangannya langsung disambut oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) di lobi kedatangan dan langsung menuju pendopo hotel untuk melakukan sesi foto bersama.

Mereka tampak akrab dan menunjukkan kehangatan sebagai dua orang yang memiliki hubungan dekat. Setelah berfoto bersama, Iriana mengajak Kim untuk melihat sejumlah penampilan budaya Indonesia di antaranya Gamelan Bali dan Tarian Penyambutan Panyembrama. Tidak hanya itu, Iriana juga mengajakKim berkeliling melihat sejumlah kain tenun Endek Bali dan juga kerajinan silver Bali yang ditampilkan di sebuah gebyok.

Ibu Iriana Joko Widodo menerima kedatangan Ibu Negara Republik Korea, Madam Kim Keon-hee, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, pada Senin, 14 November 2022. Tiba sekitar pukul 16.30 WITA, Ibu Iriana menyambut langsung kedatangan Madam Kim Keon-hee di lobi kedatangan. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Iriana Joko Widodo menerima kedatangan Ibu Negara Republik Korea, Madam Kim Keon-hee, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, pada Senin, 14 November 2022. Tiba sekitar pukul 16.30 WITA, Ibu Iriana menyambut langsung kedatangan Madam Kim Keon-hee di lobi kedatangan.

Suasana semakin hangat ketika Iriana menjamu Kim dengan minum teh bersama di Ruang Kashi. Mereka berbincang layaknya dua teman lama sambil menikmati jamuan minum teh ditemani alunan musik biola dan juga sasando yang membawakan sejumlah lagu-lagu Tanah Air. Di antaranya adalah lagu Tanah Air, Angin Mamiri, Bengawan Solo, Sempurna, hingga Cinta Kan Membawamu.Setelah jamuan tersebut selesai, Iriana kemudian mengantarkan Kim yang akan kembali ke hotel tempatnya bermalam selama di Bali.

Rudal Rusia Hantam Polandia, G7 Rapat Dadakan

Negara aliansi G7 dan NATO yang tergabung dalam negara G20 mengadakan rapat darurat di tengah kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Rabu (16/11/2022). Negara-negara ini terdiri dari Kanada, Uni Eropa (UE), Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat (AS)

European Commission President Ursula von der Leyen, Italy's Prime Minister Giorgia Meloni, Germany's Chancellor Olaf Scholz, France's President Emmanuel Macron, Canada's Prime Minister Justin Trudeau, U.S. President Joe Biden, British Prime Minister Rishi Sunak, Spain's Prime Minister Pedro Sanchez, Netherland's Prime Minister Mark Rutte, Japanese Prime Minister Fumio Kishida, U.S. Secretary of State Anthony Blinken and European Council President Charles Michel attend an emergency meeting of global leaders after an alleged Russian missile blast in Poland, in Bali, Indonesia, November 16, 2022. REUTERS/Kevin LamarqueFoto: REUTERS/KEVIN LAMARQUE
European Commission President Ursula von der Leyen, Italy's Prime Minister Giorgia Meloni, Germany's Chancellor Olaf Scholz, France's President Emmanuel Macron, Canada's Prime Minister Justin Trudeau, U.S. President Joe Biden, British Prime Minister Rishi Sunak, Spain's Prime Minister Pedro Sanchez, Netherland's Prime Minister Mark Rutte, Japanese Prime Minister Fumio Kishida, U.S. Secretary of State Anthony Blinken and European Council President Charles Michel attend an emergency meeting of global leaders after an alleged Russian missile blast in Poland, in Bali, Indonesia, November 16, 2022. REUTERS/Kevin Lamarque

Rapat dadakan ini dilakukan untuk membahas serangan Rusia ke Ukraina, yang diduga 'nyasar' ke sebuah desa di Polandia. Dalam pernyataannya G7 bersepakat untuk mengutuk serangan Rusia ke infrastruktur sipil Ukraina pada Selasa (15/11/2022).

"Kami menegaskan kembali dukungan teguh kami untuk Ukraina dan rakyat Ukraina dalam menghadapi agresi Rusia yang sedang berlangsung," ujar pernyataan resmi yang diunggah dalam situs Komisi Eropa, dalam pernyataan pers yang diterimaCNBCIndonesia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah turut memberikan keterangan terkait rapat darurat yang digelar anggota negara G7. Bagi Indonesia, ini merupakan bagian dari dinamika dalam setiap pertemuan internasional.

"Kita mengikuti memang ada emergency meeting dari G7. Bagian dari dinamika yang terjadi pada suatu konferensi," kata Teuku, dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Joe Biden Buru-buru Pulang, Ada Apa?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan akan pulang duluan dari kunjungannya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali. Meski belum ada keterangan resmi terkait alasannya, diketahui ini berkaitan dengan penyelenggaraan pernikahan cucunya yang berlangsung 19 November 2022 mendatang.

Sebelumnya diketahui Naomi Biden, cucu perempuan Biden, dan Peter Neal akan menikah di South Lawn, Gedung Putih. Pernikahan cucu Presiden AS ini akan menjadi pernikahan ke-19 dalam sejarah Gedung Putih.

"Ini akan menjadi pernikahan pertama dengan cucu perempuan presiden sebagai pengantin wanita, dan yang pertama di lokasi itu," ungkap Asosiasi Sejarah Gedung Putih dikutip dariUSA Today, dikutip Rabu (16/11/2022).

Presiden AS Joe Biden menaiki Air Force One untuk kembali ke Washington setelah menghadiri KTT Pemimpin G20 di Bali, Indonesia, 16 November 2022. (REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana/Pool)Foto: Presiden AS Joe Biden menaiki Air Force One untuk kembali ke Washington setelah menghadiri KTT Pemimpin G20 di Bali, Indonesia, 16 November 2022. (REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana/Pool)

Ibu Negara Jill Biden mengatakan dia senang melihat cucunya merencanakan pernikahannya. Ia, ujarnya, sudah membuat pilihan.

"Anda tahu, menjadi miliknya sendiri, dan dia sangat cantik. Jadi saya tidak bisa menunggu sampai Anda semua melihatnya sebagai pengantin," kata ibu negara itu saat tampil baru-baru ini di acara bincang-bincang penyanyi Kelly Clarkson.

G20 Bali Leaders Declaration

Para pemimpin negara-negara anggota Forum G20 telah menyepakati deklarasi bersama dalam pertemuan puncak atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan di Bali, 15-16 November 2022.

Jokowi Resmi Serahkan Presidensi G20 ke India(CNBC Indonesia TV)Foto: Jokowi Resmi Serahkan Presidensi G20 ke India(CNBC Indonesia TV)
Jokowi Resmi Serahkan Presidensi G20 ke India(CNBC Indonesia TV)

Sebanyak 52 poin kesepakatan termuat dalam dokumen deklarasi berjudul G20 Bali Leaders Declaration. Hal ini jelas sesuatu yang mengejutkan, apalagi di tengah-tengah rapat ada tragedi rudal di Polandia yang menewaskan dua orang.

"Kepemimpinan Indonesia berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin G20, G20 Bali Leader Declaration yang awalnya diragukan banyak pihak," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers usai menutup KTT G20, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022)

Jokowi pun memastikan deklarasi ini telah disepakati oleh semua pimpinan negara, termasuk Rusia yang turut hadir dalam pertemuan. Maka tak ada yang perlu diragukan lagi dari deklarasi tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Janet Yellen Ingatkan Ini ke Negara yang Terlilit Utang


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading