Internasional

Breaking! Awas Perang Korea, Korut Kerahkan 180 Jet Tempur

News - sef, CNBC Indonesia
04 November 2022 14:33
Jet siluman RAF F-35B Lightning terbang di belakang Stratotanker KC-135 Angkatan Udara Amerika Serikat di atas Selat Inggris selama Operasi Point Blank. (Getty Images/Christopher Furlong) Foto: Ilustrasi (Getty Images/Christopher Furlong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Semenanjung Korea semakin tegang. Terbaru, Jumat (4/11/2022), Korea Selatan (Korsel) menerjunkan 80 jet tempur termasuk F-35A, untuk memantau pergerakan Korea Utara (Korut).

Korut dilaporkan Seoul memobilisasi 180 pesawat tempur. Dikerahkannya puluhan jet Korsel termasuk pesawat siluman untuk melacak hal tersebut.

"Militer kami mendeteksi sekitar 180 pesawat tempur Korut yang dimobilisasi di wilayah udara Pyongyang," kata Kepala Staf Gabungan Seoul, dikutip AFP.

"Seoul mengacak 80 jet tempur termasuk F-35A," tambahnya.

Bukan hanya itu jet tempur AS juga dilaporkan dalam posisi "mempertahankan kesiapan". Perlu diketahui, saat ini Korsel dan AS tengah melakukan latihan udara terbesar "Vigilant Strom".

Ini melibatkan ratusan pesawat tempur dari kedua belah pihak yang melakukan serangan tiruan 24 jam sehari. Setidaknya ada 240 jet tempur dari kedua negara, lalu 1600 serangan mendadak, yang merupakan terbesar dalam latihan itu.

Sebelumnya, Korut menembak 80 artileri ke arah tetangganya itu Jumat pagi. Sejak Rabu dan Kamis, Korut juga menembak sekitar 30 rudal, dan satu di antara jatuh hanya beberapa puluh kilo dari wilayah Korsel.

Kelakuan Korut diyakini juga diprovokasi "Vigilant Strom". Termasuk isu operasi "penggal kepala" yang merujuk pelengseran Kim Jong Un di Korut.

"Peluncuran (rudal-rudal) cepat Pyongyang minggu ini adalah karena "Badai Waspada" Korut," kata seorang peneliti di Institut Studi Kebijakan Asan, Go Myong-hyun.

"Pyongyang yakin jet siluman akan digunakan dalam operasi pemenggalan kepala," tambah Go.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Astaga! Rudal Korsel Salah Tembak, Buat Panik & Kebakaran


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading