Terungkap! Ada 'Malaikat' yang Bisa Selamatkan RI Dari Resesi

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
31 October 2022 08:00
Gambaran Gelap Dunia Resesi Foto: Infografis/ Gambaran Gelap Dunia Resesi/ Ilham Restu

Jakarta, CNBC Indonesia - Ancaman resesi global 2023 sudah di depan mata. Kondisi tersebut semakin diperjelas dengan berbagai risiko yang mulai muncul di permukaan.

Laju inflasi tinggi, fenomena strong dollar, krisis pangan hingga perang yang jauh dari kata 'damai' menjadi alasan kuat semua pemangku kepentingan di dunia menyalakan alarm bahaya.

Namun, di tengah ancaman resesi yang membuat semua negara khawatir, ada satu sosok 'malaikat' yang bisa membuat Indonesia tidak terdampak dari 'ngerinya' fenomena resesi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui adanya andil China dalam kekuatan perekonomian Indonesia. Saat banyak negara jatuh ke jurang krisis, Indonesia kini mampu bertahan.

"Ekonomi Indonesia, termasuk sedikit negara yang bisa mempertahankan ekonomi sampai saat ini tidak terlepas dari kerja sama yang begitu hebat antara Tiongkok dan Indonesia," kata Luhut, seperti dikutip Senin (31/10/2022).

Ekonomi Indonesia kini mampu tumbuh sekitar 5%, kembali seperti sebelum pandemi covid-19 terjadi. Ke depan, ketika banyak negara alami krisis, Indonesia diperkirakan masih mampu tumbuh tinggi.

Luhut menuturkan, delapan tahun terakhir hubungan Indonesia dan China sangat erat, baik di bidang perdagangan maupun investasi. Termasuk ketika Presiden Xi Jinping menempatkan Indonesia sebagai poros maritim.

"Jadi ini seperti pohon besar yang sudah tumbuh karena kerja sama tadi," ujarnya.

Menurut Luhut, China juga aktif dalam transfer ilmu pengetahuan dan teknologi ke Indonesia. Hal ini turut mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya Indonesia bagian timur.

"Dalam beberapa tahun terakhir mulai terus berkembang dan dilihat dari sektor kritis dan semua saling menguntungkan. Saya melihat Tiongkok memberikan teknologi terbaik dia dan juga Tiongkok memberikan transfer teknologi dan membantu kita membangun politeknik," papar Luhut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Bikin Gebrakan Soal Migor, Senin Pekan Depan Dimulai


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading