Sssst.. Ternyata Ada Jenderal di Belakang Mafia Tanah

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
15 October 2022 19:15
cover topik/mafia tanah konten Foto: IlustrasiAristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto blak-blakan ada oknum jenderal yang membeking mafia tanah. Namun pihaknya tidak akan ragu untuk memberantas oknum nakal ini.

Dia menjelaskan banyaknya mafia tanah banyak memanfaatkan konflik agraria dan sengketa tanah untuk kepentingan pribadi dan kelompok.

"Mafia dimanapun akan saya gebuk saya tidak takut, meskipun ada yang bisikin, Pak tuh ada jenderalnya di belakang, tidak takut," tegasnya dalam Seminar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM), Sabtu (15/10/2022).

Dia juga menegaskan dirinya tidak takut dan akan terus memberantas mafia tanah dari segala unsur golongan. Termasuk internal BPN, pengacara, hingga kepala desa.

"Sebelumnya oknum BPN kita gebuk, sebentar lagi oknum pengacara. saya pengin lihat oknum Kades yang bermain berjalan dengan diborgol supaya ada efek jera," katanya.

Hadi juga menjelaskan ada lima kriteria oknum mafia tanah yang sering bermain. Yakni dari oknum internal pada Badan Pertanahan Nasional, pengacara, hingga Notaris Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Selain itu juga ada oknum camat sebagai pihak yang terkait dengan pembuatan akta tanah, juga lurah yang menerbitkan surat keterangan atas tanah.

Tidak hanya memberantas mafia tanah, Hadi juga berkomitmen untuk menyelesaikan konflik agraria dan sengketa tanah yang juga menjadi perintah Presiden Joko Widodo.

"Kita percepat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap) dan konflik agraria," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

REI: Kepastian Status Lahan Kunci Pengembangan Properti


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading