Sri Mulyani: APBN RI Lebih Baik dari Inggris, Benarkah?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
29 September 2022 21:00
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Rapat Paripurna DPR RI Ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023. (Tangkapan Layar Youtube DPR RI) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Rapat Paripurna DPR RI Ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023. (Tangkapan Layar Youtube DPR RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengungkapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) Indonesia saat ini telah berhasil menjadi shock absorber untuk menahan gejolak harga di tengah ketidakpastian global. Kondisi itu tidak seperti Inggris yang justru APBN-nya menimbulkan kejutan ekonomi atau shock producer.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kempinski Ballroom Jakarta, Kamis (29/9/2022).

"Bulan Juli pemerintah dan DPR sepakat menaikan alokasi subsidi dan BBM kita lebih dari tiga kali lipat, dari Rp 152 triliun ke Rp 502 triliun," jelas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, alokasi subsidi dan BBM tersebut merupakan nilai yang tak kecil dan terbukti APBN Indonesia cukup kuat untuk menahan gejolak perekonomian alias mampu menjadi peredam kejut atau shock absorber bagi perekonomian.

"Yang terjadi di Inggris, nilai tukar yang jatuh sampai 20% untuk poundsterling, itu adalah karena APBN-nya menjadi shock issuer atau shock producer," jelas Sri Mulyani.

Dibandingkan dengan depresiasi nilai tukar Rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) sepanjang tahun ini (year-to-date/ytd) -7%, paling rendah dibandingkan dengan depresiasi nilai tukar negara lain seperti Jepang -25%, China -13%, dan Filipina -15%.

Oleh karena itu, situasi yang sulit ini, kata Sri Mulyani harus dihadapi dengan yang sangat hati-hati, fleksibel namun tetap akuntabel.

"Karena tidak ada sebuah template pada saat kita dihadapkan pada ketidakpastian yang bersumber dari penyakit, climate change, dan perang," jelas Sri Mulyani.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani Deg-degan: Harga Energi & Pangan Melonjak Ekstrem


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading