Alfamart Bantu UMKM Lokal Perluas Pemasaran

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
29 September 2022 19:07
Alfamart Foto: dok Panada Tore buatan Aty, dijual di Alfamart Gorontalo

Jakarta, CNBC Indonesia - Jaringan ritel Alfamart terus menegaskan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan sektor UMKM, salah satunya dengan membantu pengusaha kecil melalui pemasaran produk.

Dukungan tersebut dirasakan salah satu pengusaha industri rumahan di Gorontalo, Aty Tumayahu, yang memproduksi makanan ringan khas masyarakat setempat, yakni panada tore. Dia mengaku percaya diri untuk mencoba memasarkan produknya melalui Alfamart ketika Alfamart mulai membuka jaringan di Gorontalo.

"Awal itu banyak sekali mendapat masukan dari Alfamart tentang produk saya, agar sesuai dengan standar ritel modern itu bagaimana," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

Dia mengungkapkan saran dan masukan itu meliputi kemasan, ukuran gramasi, strategi penentuan harga, hingga kelengkapan legalitas seperti PIRT dan halal.

"Masukan itu ternyata bagus bagi usaha ini untuk makin maju, karena bukan hanya bagaimana harus meningkatkan kualitas produksi, tapi juga apa saja yang harus diperhatikan agar produk saya bisa diterima," tambah Aty.

Setelah beberapa kali proses konsultasi dan kurasi, produk Aty pun bisa diterima di Alfamart, dengan nama Panada Tore cap Tinelo.

"Awalnya hanya dipajang di beberapa Alfamart saja di dekat rumah. Namun seiring waktu, Panada Tore cap Tinelo makin merangkak penjualannya. Panada tore saya sekarang sudah ada di seluruh Alfamart di Gorontalo," jelasnya.

AlfamartFoto: dok Alfamart
Prabu Snack, asal Purwakarta kini ada di Alfamart

Dia mengaku saat ini dibantu oleh tujuh karyawan produksi untuk memenuhi permintaan konsumen.

Sama seperti Aty, pelaku usaha lainnya yang terbantu adalah Ella Nurlaela di Purwakarta. Ella mempunyai usaha kecil makanan ringan, seperti makaroni, kerupuk ikan, kacang, dan lainnya.

Namun sedikit berbeda, sebelum ia mencoba memasarkan produknya ia sudah melakukan survei terlebih dulu.

"Saya lihat-lihat produk-produk di ritel modern itu apa saja sih syaratnya, lalu apakah produk saya ini masuk kriteria itu," buka Ella.

Kemudian dia pun mengurus surat kelengkapan legalitas bagi pabrik kecil rumahan miliknya. Setelah itu, Ella mencoba memasarkan produk makanan ringannya ke Alfamart.

"Setelah tanya-tanya, Purwakarta ini masuk wilayah Alfamart Cabang Karawang. Modal nekat saja saya kesana dan bertemu dengan pihak manajemen Alfamart Karawang," lanjutnya.

Ella menceritakan, harus melewati beberapa proses kurasi dan evaluasi produk. Hingga beberapa lama, akhirnya ia mendapat kesempatan menjadi pemasok produk lokal UMKM, di mana sebanyak 6 produk buatannya dipajang di 20 toko Alfamart area Purwakarta.

Dari situlah Prabu Snack, merk produk Ella mulai merambah Alfamart. Bahkan saat ini produknya tersedia di 68 toko Alfamart di Purwakarta dan daerah sekitarnya.

"Omzet sudah pasti naik. Saya sekarang harus dibantu 12 karyawan produksi untuk buat makanan kecil ini. Saya sih ada keinginan agar produk saya bisa mengisi lebih banyak toko Alfamart lagi," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Minyak Goreng Masih Mahal, yang Murah Ada di Sini


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading