Jokowi Bicara Fenomena Krisis Mata Uang, Seberapa Bahaya?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 September 2022 17:30
Sambutan Presiden Joko Widodo Saat Pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Sambutan Presiden Joko Widodo Saat Pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait fenomena jebloknya sejumlah mata uang dunia. Secara spesifik, Jokowi buka suara mengenai 'hancurnya' nilai tukar poundsterling.

Cerita tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

"Krisis finansial baru saja sebuah negara," kata Jokowi, Kamis (29/9/2022).

Terpuruknya poundsterling tak lepas dari rencana Liz Truss, Perdana Menteri (PM) Inggris yang akan memotong pajak secara besar-besaran untuk bisnis orang kaya pada akhir pekan lalu.

Keputusan ini diambil untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Inggris yang saat ini dalam situasi krisis. Truss menegaskan akan mengambil langkah tidak populer itu untuk menyelamatkan ekonomi Inggris.

"Pasar melihat langsung yang namanya nilai tukar di semua negara guncang," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, situasi ini bukan haya dirasakan oleh mata uang negara lain, melainkan juga Indonesia. Jokowi meminta jajarannya untuk berhati-hati dalam merespon dinamika ini.

"Dan melemah terdepresiasi termasuk kita, hati-hati ketidakpastian dan tiap hari kita selalu diingatkan dan kalau kita baca baik di media sosial, media cetak, di media online semuanya mengenai resesi global, tahun ini sulit dan tahun depan sekali lagi saya sampaikan akan gelap," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Gambarkan Situasi Kini: Semakin Tahu, Semakin Ngeri


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading