Lagi Krisis, Jokowi Sindir Pejabat Pamer Plesir & Foto di IG

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 September 2022 15:14
Sambutan Presiden Joko Widodo Saat Pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Sambutan Presiden Joko Widodo Saat Pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir sosok pejabat yang kerap 'plesiran' ke luar negeri di tengah krisis ekonomi global. Padahal, Jokowi lebih menginginkan para pejabat justru memberikan contoh agar masyarakat bisa berwisata di dalam negeri.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Jokowi menegaskan, Indonesia memiliki potensi daerah wisata yang cukup potensial. Mulai dari Bali, Labuan Bajo, Wakatobi, Raja Ampat, Borobudur, Gunung Bromo dan lainnya. Namun, kebanyakan orang termasuk pejabat justru memilih pergi ke luar negeri.

"Kenapa dalam situasi krisis global, malah berbondong-bondong ke luar negeri, dipamer-pamerin di Instagram, apalagi pejabat," kata Jokowi, Kamis (29/9/2022).

Jokowi mengaku kerap mendapatkan undangan untuk hadir di sejumlah pertemuan luar negeri. Namun, Jokowi mengakui tidak semua undangan tersebut dipenuhi lantaran ia merasa pengeluaran yang seharusnya dikeluarkan lebih baik dihabiskan di dalam negeri.

"Saya diundang ke luar negeri, mungkin bisa lebih dari 20 undangan. Saya datang mungkin 2-3. Betul-betul saya rem ini, ada manfaat konkret gak sih? Karena keluar uang hal-hal kaya gitu," katanya.

Jokowi mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mempromosikan sejumlah destinasi wisata potensial di Tanah Air. Jokowi tak ingin, masyarakat justru lebih memilih pergi liburan ke luar negeri ketimbang di dalam negeri.

"Kita bisa defisit wisata. Yang datang ke sini belum banyak, tapi yang keluar banyak sekali. Hati-hati devisa kita lari lagi kalau caranya tidak kita rem. Hati-hati sekali," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Reshuffle Kabinet, Beredar Menteri yang Diganti Besok!


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading