Jokowi Minta Warga +62 Jalan-Jalan di Dalam Negeri Saja

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 September 2022 15:07
Sambutan Presiden Joko Widodo Saat Pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Sambutan Presiden Joko Widodo Saat Pengarahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para "pembantunya" untuk lebih mempromosikan wisata di dalam negeri ketimbang asyik berjalan-jalan keluar negeri.

Dalam acara 'Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda' di Jakarta, Kamis (29/09/2022), Jokowi mengingatkan seluruh pimpinan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah hingga Pangdam dan Kapolda untuk mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri saja.

Alasannya, ini bisa mengerem pengeluaran devisa.

"Saya titip mengenai wisata, ajak masyarakat kita, kita bisa defisit wisata kita, yang datang ke sini belum banyak, tapi yang keluar banyak sekali, hati-hati devisa kita lari lagi kalau caranya tidak kita rem, hati-hati sekali lagi, tolong masyarakat diajak Pak Gubernur/Bupati/Walikota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja, setuju??" tuturnya saat 'Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda' di Jakarta, Kamis (29/09/2022).

Jokowi menjelaskan, Indonesia kaya akan destinasi wisata, seperti Bali, Labuan Bajo, Wakatobi, Raja Ampat, Borobudur, Bromo, dan lainnya.

Presiden pun tak segan menyentil para pejabat yang justru berbondong-bondong keluar negeri.

"Kenapa dalam situasi krisis global malah berbondong-bondong ke luar negeri? dipamer-pamerin di Instagram, apalagi pejabat! Saya diundang keluar negeri mungkin bisa lebih dari 20 undangan, saya datang mungkin 2-3, betul-betul saya rem ini, ada manfaat konkrit gak sih? karena keluar uang hal-hal kayak gitu, rakyat juga kita beritahu gunakan untuk wisata dalam negeri saja," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kunjungan Kerja Jokowi: Dari Batang, Jakarta, Menuju Kendari


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading