Siap-Siap! Tarif Jalan Tol Ini Bakal Naik

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
28 September 2022 15:50
Tol Pandaan-Malang (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul) Foto: Tol Pandaan-Malang (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjelang akhir tahun, isu kenaikan tarif tol kembali mencuat, diantaranya jalur tol yang dikelola PT Astra Infrastruktur. CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono mengungkapkan, ada beberapa ruas tol yang bakal mengalami penyesuaian atau kenaikan tarif.

"Kami ada beberapa ruas harusnya tahun ini (penyesuaian tarif). Ada Tangerang-Merak, Ulujami-Kebon Jeruk, Kunciran-Serpong, dan Pandaan-Malang," ungkap Kris Ade ketika ditemui di Menara Astra, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022).

Meski demikian, imbuh dia, keputusan akhir kenaikan tarif tol tetap ada di tangan pemerintah.

Hingga kini, pemerintah memang belum resmi menaikkan tarif tol, namun pembahasannya bisa terus berjalan.

"Kita masih menunggu putusan pak Menteri. Cuma statement pak Menteri kemarin bilang sudah waktunya untuk disesuaikan dua tahun sekali. Pak Menteri mengatakan tidak akan menahan ya. Semua domain kebijakan PUPR," ujar Kris Ade.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan setiap bulan dan tahun kenaikan tarif di beberapa ruas tol pasti akan terjadi. Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat untuk dapat memahaminya karena sudah ada perjanjian.

"Kan jumlah ruas tol kita konstruksi dan operasi 53, jadi pasti di antara ruas-ruas ada yang mengalami penyesuaian setiap bulan, setiap saat dan ini kita pandang sebagai sebuah keniscayaan saja," kata Danang dikutip dari Detik, Rabu (28/9/2022).

"Jadi saya mengharapkan masyarakat juga memahami karena ini sifatnya reguler dan dari awal masyarakat sudah tahu bahwa tarif tol itu selalu akan mengalami penyesuaian setiap dua tahun sekali," pungkas Danang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gak Cuma Bensin, Januari-November 2022 Musim Tarif Tol Naik?


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading