Freeport Buka Lowongan Kerja Bergaji 'Jumbo', Cek Syaratnya!

News - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
25 September 2022 08:50
Tambang legendaris Grasberg milik PT Freeport Indonesia yang berlokasi di Papua akan habis dan ditutup pada pertengahan tahun ini. Sebagai penggantinya, produksi emas, perak, dan tembaga Freeport akan mengandalkan tambang bawah tanah.

Tambang bawah tanah ini lokasinya persis di bawah Grasberg. Penambangan bawah tanah menggunakan metode block caving, yang merupakan cara penambangan bawah tanah dengan efisiensi sumberdaya yang tinggi untuk melakukan penambangan, di mana blok-blok besar bijih di bawah tanah dipotong dari bawah sehingga bijih tersebut runtuh akibat gaya beratnya sendiri.

Tambang bawah tanah ini sudah direncakan sejak 2004 dan terus dikembangkan hingga sekarang. Ada dua blok tambang bawah tanah Freeport yang jadi andalan saat ini, yaitu Deep Ore Zone (DOZ) dan Big Gossan. Saat ini tengah dikembangkan juga blok bernama Deeep Mill Level Zone (DMLZ).

Di dalam tambang ini, terbangun jalan sepanjang 650 kilometer (km), yang berarti panjangnya lebih dari jarak Jakarta ke Yogyakarta. Jalan di dalam tambang bawah tanah ini akan terus dibangun hingga 1.000 km atau seperti Jakarta ke Surabaya.

Data terakhir produksi rata-rata dari tambang bawah tanah ini adalah 80.000 ton ore (bijih tambang) per hari.

Sampai dengan 2019, Freeport telah mengeluarkan investasi hingga US$ 16 miliar atau dengan kurs, saat ini sekitar Rp 224 triliun untuk pengembangan tambang bawah tanah yang akan menjadi andalan mereka. Ke depan, Freeport yang saat ini 51% sahamnya dimiliki oleh PT Indonesia Alumunium (Inalum) akan mengucurkan lagi investasi hingga US$ 15 miliar atau sekitar Rp 210 triliun untuk tambang bawah tanah tersebut. (CNBC Indonesia/Wahyu Daniel) Foto: Tambang Emas Bawah Tanah Terbesar Milik Freeport (CNBC Indonesia/Wahyu Daniel)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Freeport Indonesia (PTFI) kembali membuka lowongan kerja bagi pada lulusan Sarjana (S1) dari jurusan Teknik. Bagi para pencari kerja dapat berkesempatan memiliki karir di perusahaan tambang emas terbesar di dunia tersebut.

Mengutip laman resminya, setidaknya ada empat posisi yang ditawarkan oleh PT Freeport kali ini. Keempatnya yakni posisi Section Manager Acid Plant, Section Manager Materials Handling, Section Manager Electrorefinery, dan Metallurgists and Process Engineers.

1. Section Manager Acid Plant untuk penempatan di Manyar, Jawa Timur

  • Gelar sarjana dalam disiplin Teknik atau bidang terkait dan lebih dari 10 tahun pengalaman dalam pemrosesan Pabrik Asam, dengan sebagian besar proporsi dalam peran kepemimpinan operasi.

  • Gelar master dalam disiplin Teknik atau bidang terkait lebih disukai tetapi tidak wajib.

  • Sertifikasi Pengawas Operasional Madya (POM) diutamakan, dengan minimal Pengawas Operasional Pertama (POP).

2. Section Manager Materials Handling untuk penempatan di Manyar, Jawa Timur

  • Gelar sarjana dalam disiplin Teknik atau bidang terkait dan lebih dari sepuluh (10) tahun pengalaman dalam teknis dan/atau operasi pengolahan mineral/logam, termasuk pengalaman luas dalam peran manajemen operasional.

  • Gelar master dalam disiplin Teknik atau bidang terkait lebih disukai tetapi tidak wajib.

  • Sertifikasi Pengawas Operasional Madya (POM) diutamakan, dengan minimal Pengawas Operasional Pertama (POP).

3. Section Manager Electrorefinery untuk penempatan di Manyar, Jawa Timur

  • Gelar sarjana dalam disiplin Teknik atau bidang terkait dan lebih dari sepuluh (10) tahun pengalaman dalam pemrosesan Pabrik Asam, dengan sebagian besar proporsi dalam peran kepemimpinan operasi.

  • Gelar master dalam disiplin Teknik atau bidang terkait lebih disukai tetapi tidak wajib.

  • Sertifikasi Pengawas Operasional Madya (POM) diutamakan, dengan minimal Pengawas Operasional Pertama (POP).

4. Metallurgists and Process Engineers untuk penempatan di Manyar, Jawa Timur

Ahli Metalurgi Senior/Insinyur Proses Senior

  • Gelar sarjana dalam disiplin Teknik Metalurgi atau Teknik Kimia atau bidang terkait dan lebih dari 5 tahun pengalaman di lingkungan pemrosesan mineral/logam.

  • Memiliki pengalaman khusus dalam operasi pirometalurgi dan hidrometalurgi sangat dihargai.

  • Gelar master dalam disiplin teknik terkait lebih disukai.

Ahli Metalurgi / Insinyur Proses

  • Gelar sarjana dalam disiplin Teknik Metalurgi atau Teknik Kimia atau bidang terkait dan pengalaman 2-3 tahun di lingkungan pemrosesan mineral/logam.

  • Memiliki pengalaman khusus dalam operasi pirometalurgi dan hidrometalurgi sangat dihargai.

  • Bersertifikat Pengawas Operasional Pertama (POP).

Para pencari kerja yang berminat dan merasa memenuhi persyaratan, pendaftaran lowongan kerja Freeport Indonesia dilakukan secara online melalui laman https://www.careers-page.com/freeportindonesia.

Pendaftaran akan ditutup pada 3 Oktober 2022.

Berikut Cara Mendaftar Lowongan Kerja Freeport

  • Scroll ke bawah, lalu klik "Apply" pada salah satu posisi lowongan kerja yang diminati.

  • Baca persyaratan yang tercantum, lalu klik "Apply to Position".

  • Isi data diri Anda mulai dari NIK KTP, nama lengkap, dan data lainnya.

  • Unggah dokumen yang diminta seperti CV, Ijazah, transkip nilai, e-KTP, dan KK.

  • Setelah itu, klik "Apply".

  • Tunggu pemberitahuan selanjutnya dari pihak perekrut.

Pelamar diminta untuk waspada karena proses seleksi yang dilakukan tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Pelamar diimbau untuk berhati-hati dengan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Freeport Indonesia.

Besaran Gaji Pegawai Freeeport
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading